Bank Sulsel Bar

Wacanakan Pilkades Sistem E-Voting, DPRD Bulukumba berkunjung ke Sidoarjo

Wacanakan Pilkades Sistem E-Voting, DPRD Bulukumba berkunjung ke Sidoarjo
(Ist)

KabarMakassar.com -- Komisi A DPRD Bulukumba melakukan kunjungan kerja (Kunker) di DPRD Sidoarjo. Kunker tersebut dalam hal rencana perubahan Peraturan Daerah (Perda) Bulukumba nomor 4 tahun 2015 Tentang Tata Cara Pengangkatan, Pemberhentian dan Masa Jabatan Kepala Desa.

Kunjungan yang dilakukan oleh rombongan Komisi A DPRD Bulukumba, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Kepala Bidang Pemerintahan Desa beserta Camat itu berlangsung selama tiga hari dari Senin-Rabu.

Mereka mempelajari langsung sistem yang diterapkan oleh pemerintah Sidoarjo dalam hal cara pemilihan kepala desa yang dilakukan dengan sistem e-voting.

Ketua Komisi A DPRD Bulukumba A Pangerang menyebutkan bahwa kunjungan tersebut guna untuk mempelajari proses pemilihan kepala desa secara e-votinng

"Kunjungan ini awal dari rencana perubahan Perda pemilihan kepala desa dari sistem manual ke e-voting", jelas Pangeran, Rabu (21/10).

Menurutnya, Perda calon kepala Desa di haruskan bisa menguasai Informasi dan Teknologi (IT) dan meminimalkan pelanggaran dari panitia pemilihan kepala desa.

"Jika perda ini yang diterapkan nantinya, maka akan mengurangi pelanggaran Pilkades," jelasnya.

Saat ini, rombongan sedang bergegas ke Desa yang pernah melaksanakan pemilihan secara e-voting guna bertatap muka langsung untuk mengetahui plus minus serta pembiayaan yang digunakan dalam pemilihan sistem e-voting ini.
 
"Disini kami lihat semuanya menggunakan perangkat eletronik, jadi potensi kecurangan tidak ada lagi, makanya nanti saya mau beberapa desa diambil sampel baru kita anggarkan," tutupnya.

Sementara itu, Camat Gantarang Andi Uke Indah Permatasari yang juga ikut dalam kunjungan tersebut mengatakan bahwa pada prinsipnya para camat merespon positif kunjungan ini sebagai upaya perbaikan-perbaikan mekanisme Pilkades yang lebih baik kedepannya dengan menggunakan sistem e-voting.

"Ini merupakan hal yang baik untuk meminimalisir pelanggaran-pelanggaran pilkades, semoga niat baik ini bisa terealisasi pada Pilkades berikutnya dengan melakukan pilot project pada beberapa desa di Bulukumba dengan wajib pilih terbanyak," harap Andi Uke.

Penulis : Fitriani Lestari

Editor : Herlin Sadid

Pemkot Makassar
Pertamina
Tabungan Valas Bank SulselBar