DPRD Tana Toraja Tolak Hadirnya Indomaret di Makale

DPRD Tana Toraja Tolak Hadirnya Indomaret di Makale

KabarMakassar.com -- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Tana Toraja, melalui Komisi II menolak rencana akan di bukanya Minimarket (Indomaret) di Kota Makale, Kabupaten Tana Toraja. Hal tersebut dikatakan Ketua Komisi II DPRD Tana Toraja, Paulus Paonganan.

Politisi dari partai PDI Perjuangan ini menambahkan jika penolakan tersebut disepakati DPRD Tana Toraja dari hasil rapat Komisi II. Dimana ia dan anggota Komisi lainnya berupaya untuk memberikan ruang bagi pedagang-pedagang kecil di kota Makale.

“Ini berdasarkan hasil rapat komisi II, jika jelas kami menolak adanya Indomaret di Makale karena hal ini mengupayakan nasib pedagang kecil serta memberi kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk berusaha (jualan)”kata Paulus Paongan.

Lanjut Paulus Paongan mengatakan jika komisi II menerima aspirasi dari Asosiasi Pedagang dan Distributor Kabupaten Tana Toraja dan menyampaikan penolakan dengan rencana akan di bukanya minimarket Indomaret di Kota Makale.

“Hasil Rapat Komisi II DPRD Tana Toraja juga menilai jika usaha Indomaret dan bisnis waralaba lainnya beroperasi di Kabupaten Tana Toraja akan mematikan usaha masyarakat yang sudah ada terutama pedagang kecil dan tradisional.

Sehingga berpotensi menimbulkan adanya bisnis monopoli usaha yang berdampak terjadinya persaingan usaha yang tidak sehat kepada pedagang kecil,”tambah Paulus.

Paulus menambahkan jika dari hasil rapat Komisi II akan menjadi rekomendasi kepada Pemerintah Daerah sebagai bahan pertimbangan dalam memberikan izin usaha Indomaret nantinya. Ia mengatakan jika hal tersebut terkait dengan perizinan dan itu menjadi kewenangan Bupati.
 

Penulis :

Editor :