Bank Sulsel Bar

Sekda Selayar Buka Kampanye Germas

Sekda Selayar Buka Kampanye Germas
(Ist)

KabarMakassar.com -- Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Selayar H. Marjani Sultan, bersama jajaran Dinas Kesehatan mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan menggelar senam Germas di Halaman Kantor Dinkes Selayar, Sabtu (17/10) pagi. 

Senam Germas ini juga diikuti oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Selayar dr. Husaini, bersama tim dari Dinkes Pemprov Sulsel yang melakukan kunjungan kerja ke Kebupaten Kepulauan Selayar, serta jajaran dari Dinkes Selayar. 

Sesaat sebelum melakukan senam Germas, Marjani Sultan mengatakan untuk menjaga atau menciptakan hidup sehat harus melakukan olah raga fisik, dan mengonsumsi sayur dan buah

"Untuk menciptakan kehidupan yang sehata kita harus memperbanyak makan buah dan sayur jugatidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban" kata Marjani Sultan

Namun pada awalnya kata Marjani Sultan, Germas secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan yaitu, melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, mengonsumsi buah dan sayur dan memeriksa kesehatan secara rutin.

“Sesungguhnya sehat itu ada pada diri kita sendiri, jika kita sehat keluarga sehat, desa sehat dan seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar  juga sehat. Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, acara Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat saya buka”, tambahnya sembari membuka gerakan hidup sehat

Sedangkan Kadinkes Kepulauan Selayar dr. Husaini menuturkan, pemerintah saat ini tidak hanya berfokus pada penyakit menular saja tetapi penyakit tidak menular juga harus mendapatkan perhatian dari pemerintah.

"Dulu yang menjadi peran utama kesehatan adalah penyakit menular, namun kini penyakit yang tidak menular seperti struk , jantung dan lain-lain, juga harus mendapatkan perhatian besar dan serius," terangnya. 

Untuk itu, dr. Husaini mengajak untuk tetap menjaga kesehatan, "kami mengajak semua masyarakat untuk menuju Kabupaten Kepulauan Selayar yang sehat, terutama menerapkan protokol Kesehatan di tengah pandemi Covid-19" tutupnya.

 

Penulis : Zul Tamzil

Editor : Herlin Sadid

Pemkot Makassar
Pertamina
Tabungan Valas Bank SulselBar