Bank Sulsel Bar

Pembangunan Pekuburan KKB Dihadiri Pemkab Bulukumba dan Gowa

 Pembangunan Pekuburan KKB Dihadiri Pemkab Bulukumba dan Gowa
(Ist).

KabarMakassar.com -- Dewan Pimpinan Pusat Kerukunan Keluarga Bulukumba (DPP KKB) resmi memulai pembangunan pintu gerbang dan pagar pekuburan Kerukunan Keluarga Bulukumba yang terletak di Dusun Teamate Desa Pallantikang Kecamatan Pattallasang Kabupaten Gowa, Kamis (24/9).

Pembangunan pekuburan di atas lahan 2000 meter lebih itu resmi dimulai dengan peletakan batu pertama oleh dua bupati, masing-masing Bupati Bulukumba yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kabupaten Bulukumba, Hj.Darmawati, dan Bupati Gowa diwakili oleh Asisten 1 Bidang Pemerintah Pemkab Gowa, Muhammad Rusli.

Sekedar untuk diketahui, pembangunan lokasi pemakaman Kerukunan Keluarga Bulukumba tersebut merupakan hasil swadaya masyarakat Bulukumba yang ada di perantauan yang tergabung di dalam Kerukunan Keluarga Bulukumba. Dan bukan berarti menutup diri untuk menerima bantuan dari orang lain untuk penyelesaian pembangunannya.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Kerukunan Keluarga Bulukumba (DPP KKB), Andi Badi Sommeng dalam sambutannya menyampaikan bahwa lokasi pekuburan yang dibangun DPP KKB ini diperuntukkan untuk warga Bulukumba yang ada di perantauan, terkhusus yang berdomisili di kota Makassar, Gowa, Maros dan sekitarnya.

"Apabila ada warga Bulukumba di perantauan dan tidak ingin dibawa pulang ke kampung halaman, bisa dimakamkan di pekuburan Kerukunan Keluarga Bulukumba yang ada di Dusun Teamate Desa Pallantikang Kecamatan Pattallasang Kabupaten Gowa ini," ujar Andi Badi.

Menurut Andi Badi, lokasi pemakaman yang dibangun DPP KKB ini akan dibangun dan ditata dengan cantik, rapi, teratur dan bahkan seperti taman.

"Alhamdulillah sesuai dengan perencanaan kami, lokasi pekuburan Kerukunan Keluarga Bulukumba ini kita tata dengan baik seperti taman. Harus rapi biar kita tidak takut.

Sementara itu, Bupati Gowa dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten 1 Bidang Pemerintah Pemkab Gowa, Muhammad Rusli sangat mengapresiasi pembangunan lokasi pekuburan Kerukunan Keluarga Bulukumba di Gowa.

"Pemerintah Kabupaten Gowa sangat mengapresiasi pengurus Dewan Pimpinan Pusat Kerukunan Keluarga Bulukumba atas inisiatif dan telah memilih Kabupaten Gowa sebagai lokasi pekuburan Kerukunan Keluarga Bulukumba," ujarnya.

Rusli juga menyampaikan bahwa di Kabupaten Gowa ini ada beberapa kerukunan atau paguyuban yang membangun lokasi pekuburan tetapi belum ada yang seperti desain lokasi pekuburan yang dibangun Kerukunan Keluarga Bulukumba di Dusun Teamate Desa Pallantikang Kecamatan Pattallasang Kabupaten Gowa ini.

"Kami melihat desain gambar lokasi pembangunan pekuburan Kerukunan Keluarga Bulukumba ini berbeda dengan kerukunan lain. Di Kabupaten Gowa ini memang banyak pekuburan keluarga tetapi ini sangat bagus, menarik, tapi, tertata dengan baik," pungkasnya.

Di sela-sela sambutannya, Rusli menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo bersama Wakil Bupati disebabkan karena bersamaan dengan jadwal pencabutan nomor urut calon yang diselenggarakan oleh KPU Gowa.

"Sedianya pak Bupati bersama pak Wakil Bupati yang hadir melakukan peletakan batu pertama, tetapi karena bersamaan dengan jadwal pencabutan nomor yang diselenggarakan oleh KPU Gowa. Sekali lagi kami memohon maaf," tandasnya.

Sedangkan sambutan Bupati Bulukumba AM Sukri A Sappewali dibacakan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kabupaten Bulukumba, Hj.Darmawati, SE. 

Dalam sambutannya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pengurus Dewan Pimpinan Pusat Kerukunan Keluarga Bulukumba (DPP KKB) yang telah menginisiasi pengadaan lahan pekuburan yang diperuntukkan kepada warga Bulukumba yang ada di perantauan. 

"Mewakili Pemerintah Kabupaten Bulukumba, kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pengurus DPP KKB telah menginisiasi pengadaan lahan pekuburan yang diperuntukkan untuk warga Bulukumba di perantauan, lebih khusus yang bermukim di Gowa, Makassar, Maros dan sekitarnya,"tutur Bupati AM Sukri A Sappewali yang dibacakan Darmawati.

Disampaikan juga jika sesungguhnya kematian adalah sesuatu yang pasti dan semua orang akan mengalaminya. Olehnya itu, sebagai insan yang beriman kita harus mempersiapkan diri, membekali diri dengan amal kebaikan sebelum ajal menjemput, termasuk mempersiapkan rumah masa depan yaitu tempat peristirahatan terakhir ketika maut telah menjemput kita.

"Pengadaan pekuburan yang digagas oleh KKB ini merupakan sebuah terobosan atau langkah maju yang sangat patut kita apresiasi bersama. Dalam urusan kematian pun, KKB hadir dan memberikan perhatian serta kepedulian kepada warga Bulukumba," bebernya.

Harus juga dipahami bersama bahwa keberadaan lahan pekuburan KKB ini, menunjukkan eksistensi warga Bulukumba bahwa orang Bulukumba sejak dahulu telah bermukim dan menjalani aktifitas kehidupan di mana pun berada dengan berbagai profesi.

"Pekuburan KKB ini juga dapat dimaknai sebagai simbol pemersatu warga Bulukumba, bahwa orang Bulukumba selalu bersatu, selalu bersama, baik saat dia masih hidup maupun ketika ia sudah meninggal," tandasnya.

Pemerintah Kabupaten Bulukumba juga tidak lupa berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Gowa terkhusus kepada Bupati dan Wakil Bupati Gowa yang telah merespon dan mendukung pengadaan lokasi pekuburan Kerukunan Keluarga Bulukumba di Gowa.

"Kami juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Gowa, khususnya kepada Bupati dan Wakil Bupati Gowa yang telah merespon dan mendukung pengadaan Pekuburan KKB ini di wilayah Kabupaten Gowa,"lanjutnya.

Hal itu kata dia, fakta sejarah telah menunjukkan adanya hubungan baik yang sudah terjalin sejak dahulu antara orang Bulukumba dengan orang Gowa, yang kemudian secara turun temurun terjadi hubungan kekeluargaan dan kekerabatan.

"Olehnya itu keberadaan pekuburan warga Bulukumba di Kabupaten Gowa ini menunjukkan adanya persaudaraan yang tinggi yang telah terjalin selama ini,"sambungnya.

"Kami berharap, dengan dimulainya tahapan pembangunan pintu gerbang dan pagar pekuburan ini, akan memberikan motivasi dan harapan yang lebih besar untuk terus melanjutkan dan menyelesaikan pembangunannya untuk kenyamanan dan keamanan di pekuburan ini,"imbuh Bupati Bulukumba dua periode itu.

Peletakan batu pertama yang dilanjutkan penandatanganan prasasti pembangunan lokasi pekuburan Kerukunan Keluarga Bulukumba turut dihadiri Dewan Pembina, Dewan Pakar, Dewan Penasehat dan jajaran Pengurus DPP KKB maupun DPC KKB Gowa. Selain itu, hadir juga Camat Pattalassang, Danpospol, Binmas-babinsa, Kepala Desa Pallantikang dan tamu undangan.

Penulis : Fitriani Lestari

Editor : Herlin Sadid

Pemkot Makassar
Pertamina
Tabungan Valas Bank SulselBar