Bank Sulsel Bar

KPU Lutra Undi Nomor Urut, Satu Paslon Terkendala Kesehatan.

 KPU Lutra Undi Nomor Urut, Satu Paslon Terkendala Kesehatan.
Pengundian Nomor Urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati Lurtra 2020 (Foto: Abdi Manaf).

KabarMakassar.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Utara mengelar rapat pleno terbuka pengundian Nomor urut dan daftar Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara di pilkada Luwu Utara 2020, Kamis (24/09).

Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Luwu Utara, Sulawesi Selatan, diikuti tiga pasang pendaftar di KPU Luwu Utara yaitu masing-masing pasangan Indah Putri Indriani – Suaib Mansur, pasangan Muh. Thahar Rum – Rahmat Laguni dan pasangan Arsyad Kasmar – Andi Sukma.

Pengundian atau pencabutan nomor urut di KPU Luwu Utara, dua pasangan telah dinyatakan sebagai pasangan calon tetap dan mendapat nomor urut sementara satu pasangan lainnya belum ditetapkan yakni pasangan Arsyad Kasmar – Andi Sukma karena Arsyad Kasmar terkonfirmasi terpapar covid-19.

Komisioner KPU Luwu Utara, Divisi Tekhnis Penyelenggara Hayu Vandy mengatakan bahwa pada rapat pleno pencabutan nomor urut terdapat dua pasangan calon yang telah memenuhi syarat berkas pencalonannya yakni nomor urut 01 Muh. Thahar Rum – Rahmat Laguni, nomor urut 02 Indah Putri Indriani – Suaib Mansur.

“Ada satu bapaslon yang masih menunggu tahapan pemeriksaan kesehatan dan juga verifikasi syarat pencalonannya yang mana pemeriksaan kesehatannya akan digelar besok Jumat dan Sabtu,  selanjutnya apabila dinyatakan memenuhi syarat dan verifikasi dokumen syarat pencalonannya dinyatakan lengkap akan ditetapkan sebagai pasangan calon  tetap,” kata Hayu Vandy.

Lebih Lanjut dijelaskan bahwa hal tersebut sudah sesuai dengan PKPU Nomor 10 tahun 2020  pasal 50 C yang menyatakan bahwa untuk bapaslon yang terkonfirmasi positif pada saat pendaftaran dan belum sempat ditetapkan sebagai calon pada pengundian nomor urut hari ini maka secara otomatis akan mendapatkan nomor urut berikutnya.     

“Jadi jika dokumen persyaratannya memenuhi syarat, nantinya pasangan Arsyad Kasmar – Andi Sukma secara otomatis akan mendapat nomor urut 03,” tambah komisioner KPU Lutra.

Usai pencabutan nomor urut Paslon, Ketua Tim Pemenangan Arsyad kasmar-Andi Sukma (AKAS), M Rajab melalui keterangan resminya menyebutkan bahwa meski belum penetapan calon, tapi seluruh simpatisan dan pendukung terus berkonsolidasi dan tak pernah berhenti untuk membuat perubahan mendasar di Luwu Utara. 

"Kami tetap ikuti tahapan KPU, kami hanya terganjal soal Covid-19, tapi itu tidak menggugurkan hak politik AKAS untuk ikut maju bertarung, untuk dipilih rakyat sebagai bupati/wakil bupati Luwu Utara di Pilkada 2020 ini. Hal ini sudah tegas diatur di PKPU nomor 10 tahun 2020, kami tetap melaju meski lewat jalur Corona," ungkap Rajab, Kamis (24/9).

Lanjut Rajab, jika pasangan  Muh. Thahar Rum dan pasangan Indah Putri Indriani sudah menguasai nomor urut 1 dan 2, maka AKAS sudah pastikan nomor urut 3, disinilah tanda-tanda kemenangan kami dimulai, karena nomor 3 itu paripurna, ia menyatukan massa pendukung 1 dan 2, yang jika dijumlah berarti tiga, insya Allah AKAS siap menang," lanjutnya.

Paslon nomor urut 01 Muh. Thahar Rum - Rahmat Laguni saat mendapatkan nomor urut 1, Muh. Thahar Rum tersenyum pertanda sesuai dengan apa yang mereka harapkan.

"Apa yang kami harapkan sudah terpenuhi hari ini, semoga awal yang baik ini juga akan mendapatkan hasil yang baik pula pada tanggal 9 Desember mendatang. Ini awal yang baik untuk kita semua tim kemenangan, angka 1 adalah angka kemenangan," tutur Thahar.

Sementara itu, untuk pasangan calon petahana Indah Putri Indriani - Suaib Mansur mendapat nomor urut 02, menurut Indah Putri Indriani, nomor tersebut adalah nomor yang diharapkan.

“Alasannya lanjutkan dua periode, selain itu angka 2 adalah lambang keseimbangan alam semesta, bahwa dunia dan isinya diciptakan berpasang pasangan, ada bumi dan langit, siang dan malam, panas dan hujan, kiri dan kanan, karena manusia adalah mikrokosmos,” terang Indah Putri Indriani.

Penulis : Abdi Manaf

Editor : Herlin Sadid

Pemkot Makassar
Pertamina
Tabungan Valas Bank SulselBar