Bank Sulsel Bar

CEK FAKTA: Tahapan Pilkada Sulsel Ditunda

CEK FAKTA: Tahapan Pilkada Sulsel Ditunda
IST

Kabarmakassar.com -- Informasi terkait kabar Ketua KPU RI Arief Budiman yang terpapar positif Covid-19, ditambah dengan Faisal Amir yang juga Ketua KPU Provinsi Sulsel terkonfirmasi juga positif korona membuat geger hingga berspekulasi adanya penundaan Pilkada serentak tahun 2020.

Informasi beredar luas jika penundaan Pilkada pada 9 Desember 2020 ditunda. Bahkan bermunculan pula sebuah surat kesepakatan penundaan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2020 lantaran pandemi COVID-19, pada tampilan surat tersebut terdapat 4 poin kesepakatan diantaranya mengklaim bahwa disetujuinya kesepakatan penundaan Pilkada 2020. Kemudian, poin lain yaitu Pilkada lanjutan akan dilaksanakan atas persetujuan bersama antara KPU, Pemerintah, dan DPR. 


CEK FAKTA

Saat tim kabarmakassar.com melakukan konfirmasi langsung ke KPU Sulsel, melalui pelaksana tugas (plt) Ketua KPU Sulsel, Asram Jaya menerangkan jika sampai saat ini belum ada instruksi penundaan dan tahapan Pilkada masih berlanjut. 

Sedangkan menurutnya selembar kertas yang berisikan hasil keputusan rapat penundaan yang di tanda tangani oleh pihak yang terlibat menurut Asram Jaya adalah selembaran yang sudah lama saat penundaat pilkada yang pertama dikarenakan masalah Virus Covid-19.

"Ini kesepakat pada bulan maret, waktu ada penundaan awal" ucap Asram Jaya kepada KabarMakassar.com, Senin (21/9).

Fakta lain yang dihimpun Tim Cek Fakta Kabar Makassar jika poin-poin pada surat kesepakatan yang diklaim telah disetujui tersebut adalah tidak benar. Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia menegaskan bahwa surat tersebut hoaks dan merupakan hasil suntingan dari hasil rapat kerja pada Maret 2020. Pada kesempatan lain Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di 270 daerah akan tetap dilaksanakan meski pandemi Virus Corona (Covid-19) belum berakhir, dimana pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak 2020 harus diiringi dengan disiplin protokol kesehatan yang ketat. 


Kesimpulan: Jika surat edaran tersebut merupakan hasil keputusan rapat penundaan Pilkada serentak beberapa bulan lalu saat hasil rapat kerja pada Maret 2020. Pilkada di sejumlah daerah tetap berlanjut dan informasi soal Tahapan Pilkada Sulsel ditunda tidak benar atau Keliru.


Referensi:

https://www.kabarmakassar.com/posts/view/11193/plt-ketua-kpu-sulsel-pastikan-tahapan-pilkada-tetap-berjalan.html

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200921115529-32-548867/jokowi-tegaskan-pilkada-tak-akan-ditunda

Penulis : Tim Cek Fakta Kabar Makassar

Editor : Herlin Sadid

Pemkot Makassar
Pertamina
Tabungan Valas Bank SulselBar