PDAM Makassar

Gereja Toraja Lanraki Bantu Korban Bencana Banjir Bandang di Lutra

Bank Sulsel Bar
Gereja Toraja Lanraki Bantu Korban Bencana Banjir Bandang di Lutra
Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Bencana Banjir Bandang di Luwu Utara oleh PWGT Klasis Makassar Timur.

KabarMakassar.com — Banjir bandang yang terjadi di Luwu Utara, Sulawesi Selatan membuat warga Gereja Toraja Jemaat Lanraki Biringkanaya tergerak untuk memberikan bantuan ke lokasi bencana terkhusus di Masamba dan Radda sekitarnya. Sejumlah paket sembako dan juga pakaian layak pakai disalurkan melalui Persekutuan Wanita Gereja Toraja (PWGT) Klasis Makassar Timur di posko Balla Tamalanrea, Kamis (16/7).

Bantuan tersebut rencananya dikumpulkan di posko peduli Bencana di Gedung BPK Makassar Timur dan rencananya akan disalurkan langsung melalui jalur darat di Masamba, Luwu Utara.

Pendeta (Pdt) Elyaser Palondongan yang juga Ketua BPM Gereja Toraja Jemaat Lanraki Biringkanaya yang memantau langsung penyaluran bantuan tersebut mengatakan, selain sembako dan pakaian layak pakai ada pula pakaian layak untuk anak-anak serta kebutuhan bayi yakni popok untuk warga terdampak di Luwu Utara.

 

“Hari ini dari PWGT Lanraki Biringkanaya sudah menyetorkan bantuan ke Klasis Makassar Timur untuk diteruskan ke saudara-saudara kita yang terdampak di Luwu Utara, kita semua terpukul dari peristiwa yang menelan korban jiwa, semoga bantuan ini dapat meringankan beban saudara kita disana,” kata Pdt Elyaser Palondongan.

Elyaser menambahkan jika sumbangan yang diberikan dari anggota jemaat lanraki biringkanaya tersebut sebagai bentuk kepedulian sesama, “Ini bentuk kepedulian warga gereja, kemudian ibu-ibu PWGT yang begitu cepat melakukan tindakan sehingga kami bisa menyalurkan bantuan ini,” tambahnya.

Sementara itu Bendahara 1 PWGT Lanraki Jemaat Lanraki Biringkanaya, Dina Minggu menyampaikan terima kasih atas partisipasi dari jemaat yang sudah memberikan sumbangannya dalam berbagai bentuk, dan bersyukur bisa meberikan kepada warag di Luwu Utara yang terdampak.

“Kami berterima kasih kepada jemaat yang memberikan sumbangannya, sehingga kami bisa menyalurkan bantuan untuk saudara kita yang tertimpa musibah bencana banjir bandang,” ujar Dina Minggu.

Terpisah dengan Koordinator Seksi Sosial PWGT Klasis, Dian Ekasari Lopang yang menerima bantuan dari jemaat Lanraki Biringkanaya mengatakan, bantuan ini sementara di packing untuk memilah baju layak pakai untuk anak-anak, orang dewasa dan untuk ibu-ibu. Hal ini kata Dian agar semua bantuan layak pakai bisa dipergunakan dengan baik bagi yang membutuhkan di lokasi pengungsian.

“Bantuan ini segera kami salurkan, paling lambat hari Minggu, karena banyaknya warga jemaat se Makassar yang menyalurkan bantuan, kami berterima kasih kepada seluru warga gereja dan saat ini juga kami masih memilah pakaian yang akan disalurkan agar tidak bercampur pakaian bayi, anak-anak hingga orang dewasa, hal ini memudahkan mereka yang butuh nanti. Kemudian bahan bantuan makanan atau sembako seperti itu juga akan kami paketkan di posko,” ujar Dian Ekasari Lopang saat dihubungi melalui selularnya.

Untuk diketahui bajir yang melanda 7 Kecamatan di Luwu Utara dari Data BPBD sejak Rabu 15 Juli 2020 kemarin pasca banjir sebanyak 156 KK atau 655 jiwa mengungsi dan 4.202 KK 15.994 jiwa terdampak.

Sedangkan kerugian material tercatat 4.930 unit rumah terendam, 10 unit rumah hanyut, 213 unit rumah tertimbun pasir bercampur lumpur, 1 Kantor koramil 1403-11 terendam air dan lumpur ketinggian 1 meter, jembatan antar desa terputus dan jalan lintas provinsi tertimbun lumpur setinggi 1 hingga 4 meter.

Penulis : Redaksi

Editor : Fritz Wongkar

Pemkab Luwu
Pemprov Sulsel
Pemkot Makassar
DPRD Kota Makassar
Pemkab Sinjai
Kabar Serupa :
Laznas BMH Berbagi Takjil untuk Para Pejuang Keluarga
Kabar Komunitas

Laznas BMH Berbagi Takjil untuk Para Pejuang Keluarga

22.04.2021 - 19:25
Sponsor
AMSI Konsisten Mewujudkan Ekosistem Digital yang Sehat
Kabar Komunitas

AMSI Konsisten Mewujudkan Ekosistem Digital yang Sehat

19.04.2021 - 22:07
Pelindo
Bank Sulsel Bar