DPRD Kota Makassar

CEK FAKTA: Dosen Hingga Guru Besar Unhas Positif Covid-19

CEK FAKTA: Dosen Hingga Guru Besar Unhas Positif Covid-19
CEK FAKTA (doc).

KabarMakassar.com — Beredar informasi yang menyatakan para Dosen, Dekan hingga Guru besar di kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) dan berikut dengan keluarganya terpapar covid-19. Beredar pesan berantai jika puluhan pejabat kampus Unhas beserta keluarganya yang terpapar kini menjalani isolasi mandiri.

Berikut isi pesan yang beredar di Whatsapp Grup (WAG),

Saudaraku semua, Ini baru sy terima WA mks benar2 merah pekat :
Unhas benar2 berduka
(Nama sy juga ada di list)
Bismillahi Rahmani Rahim …
Mohon dukungan do’anya saudara2ku semua buat para Guru Besar dan rekan2 Dosen dan Nakes yg sedang isolasi pd RS dan ISMAN di rumahnya masing2
Semoga ….. ????????.

Prof. Sudirman (Fak Perikanan)
Prof. Hasanuddin Thahir, (FKG)
Prof. Alimin Maidin (Mantan Dirut RS Unhas)
Prof.Nadjib Bustam (FKM)
Prof. Budu, (Dekan FK)
Prof. Drg. Sherly,(istri almarhum Dr.Theo,SpKJ)
Dr. Drg. Ruslin (Dekan FKG)
Drg. Rini Pratiwi (istri alm. dr.Herry Nawing),
Prof.Dr.dr.Arifuddin Djuana,SpOG(K) beserta 11 anggota keluarga
Prof .dr .Rukiah Syawal,SpM (K) beserta 9 anggota keluarga
Dr.dr. Nur Ahmad Tabri,SpPD-KP,SpP beserta istri ( Alhamdulillah sudah sembuh)
Dr.dr.Setia Budi,SpA(k) beserta putrinya
Dr.Firdaus Kasim,PhD (wd3 FK)
Dr.Louis Kandouw,SpS(K) beserta dua anaknya (Alhamdulillah sudah sembuh)
Diberi kesehatan yg prima dan kesembuhan secepatnya ….
Aamiin ya Robbal Alamin…????



CEK FAKTA

Dikonfirmasi melalui Kepala Humas Unhas, Ishaq Rahman jika informasi tersebut belum diketahui siapa yang mnyebarkan dan belum dipastikan benar jika dari dalam nama-nama yang ada tersebut terpapar covid-19.

Ishaq menjelaskan jika memang informasi yang diterima jika ada empat orang pejabat yang terpapar Covid-19. Namun pesan yang berantai yang menyebutkan nama beberapa dosen dan guru besar belum di ketahui siapa yang menyebarkan informasi yang belum tentu kebenarannya tersebut.

“Ini memang seharian banyak saya dapat pertanyaan terkait broadcast ini. Sayangnya saya tidak bisa mengkonfirmasi. Apalagi sumbernya saja kurang jelas dari mana, jadi tidak bisa saya cari tahu. Namun yang pasti memang benar ada dari daftar nama-nama itu yang saya ketahui ada 4 orang, karena mereka memang declare,” kata Ishaq saat dihubungi melalui pesan singkat, Rabu (8/7).

Empat pejabat Unhas yang terkonfirmasi terpapar di antaranya, Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unhas Prof Dr Budu, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unhas Drg Muhammad Ruslin, Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran Dr Firdaus dan Dosen Prof Hasanuddin Tahir.

Ia juga menambahkan jika informasi terbaru jika Prof Hasanuddin Thahir dinyatakan negatif, namun dilakukan tes swab kembali lagi.

Dikutip dari Detik.com jika kedua dekan yang terpapar COVID-19 diketahui aktif di Satuan Tugas COVID-19 Unhas. Sedangkan Wakil Dekan III aktivitas rutinnya memeriksa spesimen hasil tes swab di Laboratorium Mikrobiologi Klinik Unhas.

“Dekan FK dan Dekan FKG aktivitasnya banyak bersentuhan di Satgas COVID-19 Unhas sehingga berisiko terkena virus,” tutur Ishaq.

Terkait kasus positif COVID-19 yang dialami dekan dan sejumlah dosen, lanjut Ishaq, Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu mengeluarkan kebijakan pada para pegawainya untuk memaksimalkan pekerjaannya dari rumahnya, terkecuali ada pekerjaan yang hanya bisa diselesaikan di kantor.

Saat ini memang perkuliahan libur, yang ada layanan administrasi dan proses ujian masuk, Ibu Rektor meminta pekerjaan yang dapat diselesaikan di rumah terus dimaksimalkan, kecuali pekerjaan yang harus diselesaikan di kantor, tapi harus dengan protokol kesehatan yang ketat,” pungkas Ishaq.

Sementara itu, guna melakukan skrining pada pada tenaga pengajarnya, Unhas melaksanakan rapid diagnostic test (RDT) di GOR Kampus Unhas Tamalanrea. RDT digelar selama 3 hari (8-10/7) dan ditargetkan akan diikuti sekitar 1.652 dosen dari seluruh fakultas dan program studi di Unhas.

Pada hari pertama, ditemukan sebanyak 8 orang dosen yang reaktif, dari empat fakultas yang berbeda, yaitu Fakultas Hukum (1 orang), Fakultas Ilmu Budaya (2 orang), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (1 orang), dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (4 orang).

Dosen-dosen yang reaktif tersebut langsung ditangani tim dokter, dan diminta untuk melakukan isolasi mandiri. Selanjutnya, dosen-dosen yang reaktif ini, pada Kamis esok (9/7), akan dilakukan pengambilan sampel swab untuk melakukan test PCR, untuk mengetahui status dan kondisi mereka.

KESIMPULAN

Benar jika ada dosen dan guru besar atau pejabat Unhas yang terpapar virus corona, namun pihak Kampus Unhas belum membenarkan jika beredarnya nama-nama dosen yang diumumkan melalui WAG benar semua. Dipastikan jika sebeumnya ada 4 guru besar serta dosen yang terpapar di antaranya Prof Budu, Drg Muh Ruslin, dan Dr Firdaus, sementara Prof Hasanuddin Tahir dikabarkan negatif dan masih menjalani tes swab ulang.

Bahkan kini semua pejabat tersebut menjalani isolasi mandiri.

Rujukan:

https://news.detik.com/berita/d-5085650/guru-besar-hingga-dekan-fk-dan-fkg-unhas-positif-corona

Penulis : Tim Cek Fakta Kabar Makassar

Editor : Fritz Wongkar

Pemkot Makassar
Pertamina
Tabungan Valas Bank SulselBar