Bagaimana Menopause Mempengaruhi Kesehatan Anda

Bagaimana Menopause Mempengaruhi Kesehatan Anda

KabarMakassar.com --- Menopause adalah ketika seorang wanita tidak lagi menstruasi, dan banyak yang mungkin tidak terlalu memikirkannya. Selama waktu ini, tubuh Anda berhenti memproduksi banyak hormon penting seperti estrogen dan progesteron. Karena alasan ini, Anda akan lebih rentan terhadap berbagai kondisi yang dialami tubuh Anda. Dengarkan tubuh Anda untuk menghindari dampak negatif terhadap kesehatan Anda.

Dilangsir dari berbagai sumber, Sabtu (31/03/2018), berikut beberapa kondisi yang terjadi pada Anda akibat menopause

1. Masalah dengan aliran darah

Tingkat estrogen yang rendah merupakan faktor pendorong dalam masalah jantung setelah menopause. Ini karena estrogen memainkan peran utama dalam fleksibilitas lapisan dalam dinding arteri.

Estrogen membantu perluasan dan kontraksi yang memungkinkan darah mengalir.
Meskipun estrogen menawarkan banyak manfaat bagi tubuh Anda, beberapa dokter tidak merekomendasikan terapi hormon.

Disarankan agar Anda bertanya kepada ahli jantung Anda. Mereka akan bekerja dengan dokter kandungan Anda atau ahli endokrin untuk membuat penyesuaian yang tepat.

Tindakan pencegahan ini diperlukan jika Anda berisiko atau memiliki riwayat stroke atau penyakit jantung.

2. Perubahan kadar gula darah

Perubahan kadar estrogen dan progesteron berdampak pada respons seluler terhadap insulin. Itu sebabnya penurunan atau perubahan dalam level mereka dapat menyebabkan fluktuasi kadar gula darah.

Jika Anda memiliki masalah dengan diabetes, pra-diabetes, atau kadar glukosa, penting bagi Anda untuk memantau kesehatan Anda dengan melakukan pemeriksaan setiap enam bulan.

Jika Anda menderita diabetes, penting untuk memperhatikan kadar gula darah Anda. Hindari mengubah gaya hidup Anda, konsultasikan dengan dokter yang dapat memandu Anda.

Langkah-langkah ini sangat penting, karena menopause juga mempengaruhi kesehatan jantung dengan mengubah darah dan pembuluh darah Anda, yang lebih umum, arteri dan vena kehilangan beberapa tekanan, menyebabkan penurunan kekuatan dan elastisitas. Semua ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

3. Kenaikan berat badan

Menopause memperlambat metabolisme Anda serta pencernaan Anda, yang menyebabkan kenaikan berat badan.

Wanita yang kelebihan berat badan memiliki risiko lebih tinggi terkena masalah jantung mulai dari meningkatnya tekanan darah hingga serangan jantung.

Pertahankan gaya hidup sehat setelah usia 35 tahun untuk melindungi kesehatan jantung Anda. Anda dapat melakukan dengan makan makanan yang sehat dan sealami mungkin, berolahraga selama 30 menit sehari, minum banyak air dan mengunjungi dokter setiap 6 bulan

4. Perubahan besar dalam kadar kolesterol

Cara lain menopause dapat mempengaruhi kesehatan jantung Anda adalah dengan membuat Anda lebih mungkin mengalami fluktuasi besar dalam kadar kolesterol darah Anda.

Ini terjadi karena kadar estrogen memengaruhi kadar kolesterol LDL, yang dikenal sebagai kolesterol "jahat".

Sangat penting bahwa Anda selalu menjaga hormon Anda seimbang. Jika Anda tidak pernah meluangkan waktu untuk memantaunya, tanyakan kepada dokter kandungan Anda tes darah mana yang sesuai. Kolesterol tinggi menyebabkan vena dan arteri yang tersumbat. Ini juga dapat menyebabkan memar yang tidak dapat dijelaskan dan bahkan serangan jantung.

5. Perubahan denyut jantung

Detak jantung Anda juga dapat dipengaruhi oleh menopause. Hal ini disebabkan oleh penyumbatan di pembuluh darah yang dibuat oleh perubahan hormon, yang mengubah sirkulasi darah.

Jika Anda sebelumnya pernah didiagnosis mengalami masalah jantung, sangat penting agar Anda lebih memperhatikan gejala yang diminta dokter untuk Anda pantau.

Bagaimanapun juga, penting bagi Anda untuk memberi tahu ahli jantung Anda jika Anda mengalami palpitasi dan pusing yang tidak normal.

Banyak wanita mengalami menopause tanpa insiden. Namun, selalu ada baiknya untuk menemui dokter  setidaknya sekali. 

Dokter pertama yang harus Anda temui adalah ginekolog. Mereka akan melihat perubahan yang disebabkan oleh menopause. Jika Anda dalam keadaan sehat.
Anda juga harus memeriksakan diri ke dokter ahli jantung jika dokter kandungan Anda memperhatikan perubahan kadar kolesterol Anda. Jika Anda memiliki riwayat masalah jantung, dan tetap lakukan pemeriksaan rutin.


 

Penulis :

Editor :