Makanan Yang Mudah Dikomsumsi Pengguna Kawat Gigi

Makanan Yang Mudah Dikomsumsi Pengguna Kawat Gigi

KabarMakassar.com --- Ada dua alasan utama mengapa orang memilih untuk memasang kawat gigi yaitu estetika dan fungsi. Jika Anda tidak senang dengan bentuk gigi Anda, alasan Anda untuk mendapatkan perawatan ortodontik adalah estetika. Jika Anda tidak senang dengan gigi Anda karena  menyebabkan Anda  salah mengucapkan kata-kata atau mereka membuat Anda sulit untuk mengunyah makanan, alasan Anda adalah fungsi.

Apa pun alasan Anda, setelah braket ortodontik dan kawat (braces) dipasangkan ke gigi Anda, Anda berada di dunia yang penuh masalah. Mengapa? Karena koreksi ortodontik menerapkan banyak tekanan pada gigi dan rahang, yang menyebabkan periode nyeri yang berkepanjangan, sensitivitas dan ketidaknyamanan gigi sampai gigi Anda bergeser ke posisi baru, yang mengurangi ketidaknyamanan. Yaitu, sampai dokter ortodontik Anda mengencangkan kawat gigi Anda sekali lagi, yang memulai siklus rasa sakit sekali lagi. 

Dan yang cukup buruk, kawat gigi membuat Anda sulit untuk makan makanan. Bukan hanya karena semuanya terjebak di dalam dan di sekitar kawat gigi, tetapi juga karena ada makanan tertentu yang dapat Anda makan dengan kawat gigi dan makanan tertentu Anda tidak bisa. 

Dilangsir dari berbagai sumber, Jumat (30/03/2018), berikut 8 makanan yang bisa Anda makan dengan kawat gigi pada gigi Anda.

1. Yoghurt 
Aturan praktis ketika Anda makan makanan dengan kawat gigi adalah makan makanan lunak dan semi-cair, tetapi pastikan mereka tidak memiliki kadar gula yang tinggi. Yoghurt sesuai dengan kriteria tersebut, karena sangat mudah untuk menyeruput bungkus dan kemudian membersihkan sisa-sisa pada kawat gigi Anda dengan membilas mulut Anda secara menyeluruh.

2. Telur 
Telur mudah dikunyah ketika gigi Anda sakit dari sesi pengetatan terakhir di ortodontis. Pastikan Anda menyikat gigi dengan benar setelahnya, jadi Anda tidak meledakkan orang dengan bau mulut.

3. Pisang 
Anda tidak menyadari betapa berantakannya makan pisang sampai Anda mendapatkan kawat gigi. Pisang merupakan salah satu dari sedikit buah yang dapat Anda makan dengan aman ketika Anda memiliki kawat gigi karena mereka tidak menimbulkan risiko merusak kawat gigi Anda atau terjebak di dalamnya.

4. Kentang Tumbuk 
Sederhana namun lezat. Itulah kentang tumbuk. Dan dengan kawat gigi, Anda memiliki alasan kuat untuk makan lebih banyak, karena mereka mudah dimakan, terutama ketika gigi Anda sakit, dan sangat mudah dibersihkan sesudahnya.

5. Sup 
Beberapa bulan pertama setelah mendapatkan kawat gigi bisa menjadi mimpi buruk. Setelah semua, Anda benar-benar tidak dapat memahami besarnya ketidaknyamanan dan rasa sakit. Anda harus mentoleransi 24/7 sebelum orthodontist Anda mengencangkan kawat gigi Anda untuk pertama kalinya dan karena Anda tidak dapat menahan diri terhadap obat penghilang rasa sakit sepanjang waktu, sup akan segera menjadi sahabat Anda selama periode ini.

6. Es Krim 
Ada alasan mengapa ahli ortodontis meminta Anda untuk segera makan banyak es krim, setiap kali kawat gigi Anda dikencangkan. Ini adalah alternatif ice pack untuk membantu Anda menghilangkan rasa sakit. Ingatlah untuk membilas mulut Anda secara menyeluruh setelah Anda selesai makan es krim, karena gula dalam makanan penutup ini dapat menyebabkan gigi berlubang, yang dapat merusak gigi Anda.

7. Kacang Polong Rebus
Anda harus menjauhi makanan keras dan renyah saat Anda memiliki kawat gigi. Jadi, jika Anda suka makan sayuran mentah, Anda perlu mengubah kebiasaan dan mulai mendidih berlebihan setelah Anda mendapatkan kawat gigi. 

8. Beras Putih
Roti mesti dihindari ketika Anda memiliki kawat gigi. Tapi begitu juga nasi merah. Mengapa, Karena kulit pada beras merah bisa terjebak di dalam kawat gigi  dan di antara gigi Anda, yang merupakan tempat yang sulit dibersihkan. Jadi, lebih baik makan nasi putih ketika Anda memiliki kawat gigi. 

Penulis :

Editor :