Jenis Dan Tujuan Vaksin Kanker Yang Perlu Anda Ketahui

Jenis Dan Tujuan Vaksin Kanker Yang Perlu Anda Ketahui

KabarMakassar.com --- Vaksinasi diperlukan karena melindungi anak-anak dari penyakit serius dan komplikasi penyakit yang dapat dicegah oleh vaksin. Penyakit-penyakit ini termasuk amputasi lengan atau kaki, kelumpuhan anggota badan, kehilangan pendengaran, kejang, kerusakan otak dan kematian. Salah satu vaksin, adalah vaksin kanker.

Vaksinasi kanker akan membantu melatih sistem kekebalan untuk mengenali dan menghancurkan zat berbahaya. Vaksin kanker khusus dirancang untuk mengobati jenis kanker tertentu. Ia memiliki kemampuan untuk melawan sel kanker tanpa menghiraukan jenis kanker, vaksin jenis ini disebut vaksin kanker universal

Dilangsir dari berbagai sumber, Kamis (29/03/2018), ada dua jenis vaksin kanker yang diberikan yaitu, vaksin pengobatan dan vaksin pencegahan kanker.

Dokter memberikan vaksin pencegahan kepada orang sehat untuk mencegah kanker tertentu berkembang. Misalnya, ada vaksinasi untuk cacar atau flu ayam. Sama halnya, ada vaksin kanker yang akan melindungi tubuh dari virus yang dapat menyebabkan penyakit ini. Seseorang harus mendapatkan vaksin ini sebelum virus menginfeksinya.

Ada dua jenis vaksin pencegahan kanker yang telah disetujui oleh Administrasi Makanan dan Obat AS.

1. Vaksin HPV
Jenis vaksin ini melindungi terhadap human papillomavirus (HPV). Jika itu adalah virus yang tahan lama, itu dapat menyebabkan beberapa jenis kanker. Vaksin HPV mencegah kanker serviks, vagina dan vulva, kanker dubur, dan kutil kelamin.

2. Vaksin Hepatitis B
Vaksin hepatitis B ini mencegah infeksi virus hepatitis B (HBV). Infeksi yang tahan lama ini dengan virus hepatitis B dapat menyebabkan kanker hati.

Vaksin pengobatan kanker juga disebut vaksin terapeutik. Ini adalah jenis imunoterapi yang bekerja untuk meningkatkan pertahanan alami tubuh untuk melawan kanker. Dokter memberikan vaksin pengobatan kepada orang-orang yang telah didiagnosis mengidap kanker.Vaksin-vaksin ini dapat mencegah kanker kembali, menghancurkan sel-sel kanker yang masih ada di dalam tubuh setelah perawatan lain, dan menghentikan tumor dari tumbuh atau menyebar.

Kerja Vaksin Antigen adalah zat yang duduk di permukaan sel yang biasanya bukan bagian dari tubuh. Sistem kekebalan tubuh menyerang antigen dan menyingkirkannya. Ini membuat sistem kekebalan menghafal di kemudian hari untuk menghancurkan antigen ketika antigen datang dan duduk di sel-sel tubuh. 

Vaksin pengobatan kanker meningkatkan kemampuan sistem kekebalan untuk mengenali dan menghancurkan antigen ketika datang untuk menyerang tubuh. Sel-sel kanker memiliki molekul tertentu yang disebut antigen spesifik kanker. Ketika molekul-molekul ini diberikan kepada seseorang, molekul mulai bertindak sebagai antigen. Mereka merangsang sistem kekebalan untuk mengenali dan menghancurkan sel-sel kanker yang memiliki molekul-molekul ini di permukaan sel. 

Sebagian besar vaksin pengobatan kanker hanya tersedia melalui uji klinis, yang merupakan studi penelitian yang melibatkan sukarelawan. 

Sel-sel kanker menekan sistem kekebalan tubuh dan itulah bagaimana kanker mampu berkembang dan tumbuh di dalam tubuh. Peneliti menggunakan perawatan lain dalam vaksin untuk mencoba memperbaiki masalah ini. Sel-sel kanker berkembang dari sel-sel yang sehat seseorang sendiri dan karena itu sel-sel kanker mungkin tidak terlihat berbahaya bagi sistem kekebalan tubuh. 

Sistem kekebalan mungkin tidak mengenali sel untuk menghancurkannya. Tumor yang lebih besar atau tumor yang lebih maju sulit dihilangkan hanya dengan menggunakan vaksin. Ini adalah salah satu alasan mengapa dokter sering memberi pasien vaksin kanker dengan perawatan lain. Orang yang sakit atau tua memiliki sistem kekebalan yang lemah. Tubuh mereka tidak akan dapat menghasilkan respon imun yang kuat setelah vaksinasi. Juga, terkadang perawatan kanker dapat merusak sistem kekebalan seseorang.

Penulis :

Editor :