BPN dan Gubernur Sulsel Serahkan 3000 Sertifikat Tanah ke Masyarakat

BPN dan Gubernur Sulsel Serahkan 3000 Sertifikat Tanah ke Masyarakat
Badan Pertanahan Nasianal (BPN) Provinsi Sulawesi Selatan melakukan kegiatan penyerahan sertifikat tanah di Lapangan Tennis Indoor  Telkom Jalan AP Pettarani Makassar, Senin (02/12).

KabarMakassar.com—Badan Pertanahan Nasianal (BPN) Provinsi Sulawesi Selatan melakukan kegiatan penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat di rangkaikan dengan pencanangan zona integritas, di Lapangan Tennis Indoor Telkom Jalan AP Pettarani Makassar, Senin (02/12).

Berdasarkan jumlah Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang di berikan kepada rakyat untuk 24 Kabupaten dan Kota se-Sulsel.

Pada kegiatan tersebut, Gubernur Sulawesi Selatan,  Nurdin Abdullah bertindak langsung menyerahkan  kepada masyarakat  sebanyak 3000 bidang sertifikat.

Adapun 24 daerah tersebut, yakni Kota Makassar dengan jumlah sertifikat 800 bidang tanah, Kabupaten Gowa 755 bidang, Maros 755 bidang, Takalar 250 bidang, Pangkep 250 bidang, Barru 10 bidang, Jeneponto 10 bidang, Bantaeng 10 Bidang, Bantaeng 10 bidang, Sidrap 10 bidang, Pinrang 10 bidang, Parepare 10 bidang, Bulukumba 10 bidang, Selayar 10 bidang, Soppeng 10 bidang, Sinjai 10 bidang, Bone 10 bidang, Wajo 10 bidang, Enrekang 10 bidang, Luwu 10 bidang, Palopo 10 bidang, Luwu Utara 10 bidang, Palopo 10 bidang, Luwu Utara 10 bidang, Luwu Timur 10 bidang, Tanah Toraja 10 bidang, dan Toraja Utara 10 bidang.

“Pada kesempatan ini kami serahkan sertifikat hasil pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) tahun 2019 sebanyak 3000 bidang atau 3000 penerima sertifikat,” ujar Kepala Kanwil BPN Sulsel Dadang Suhaedi.

Ditempat yang sama, Sekretaris Jendral Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Himawan Arief Sugoto mengatakan mendaftarkan sebidang tanah dengan administrasi yang lengkap dapat di manfaatkan untuk produktif yang dapat menjadi asset legimit.

“Jadi dengan mendaftarakan sebidang tanah dengan administrasi yang lengkap dpat di manfaatkan untuk produktif dan tentunya akan menjadi asset,” ungkapnya saat memberi sambutan.

Senada dengan Nurdin Abdullah, mengatakan bahwa program ini merupakan program bermanfaat dan memberikan dorongan kepada masyarakat sehingga dapat lebih produktif.

"Kepada seluruh peserta penerima sertifikat semoga dapat membuat usaha dengan memperkuat modal," ujar Gubernur Sulsel ini.

Nurdin Abdullah mengaku, sangat disarankan sekali atas program Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dari Kementerian ATR/BPN RI, yang tentunya atas kerja keras Kepala BPN Pemprov Sulsel yang sudah berjuang tanpa henti untuk sertifikat masyarakat Sulsel.

“Salam hormat kami kepada bapak Menteri ATR dan BPN, terimakasih banyak atas program PTLS ini, karena sangat disarankan sama masyarakat kami,” ungkap Prof Nurdin dalam sambutannya.

Menurut Prof Nurdin, kesuksesan ATR dan BPN tiada lain adalah sesuai perintah Bapak Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo untuk menyelesaikan semua bidang tanah di seluruh Indonesia.

“Harapan bapak presiden selesaikan 10 juta sertikat, tapi Kementerian ATR dan BPN menyelesaikan 11 juta sertikat,” lanjut alumnus Universitas Jepang itu.

Ia juga berharap kepada seluruh masyarakat yang menerima sertifikat tanah ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, agar dapat bermanfaat baik bagi diri pribadi maupun orang sekitarnya.

Terutama, kepada penerima sertifikat tanah yang memiliki usaha agar memanfaatkan sertifikat ini untuk mengembangkan usaha dengan baik.

“Saya berharap kepada bapak dan ibu sekalian telah menerima sertikat untuk memanfaatkan dengan baik sertikatnya,” kata mantan Bupati Bantaeng dua periode itu.

Hadir pada acara tersebut, Sekretaris Jenderal Kementerian Agraria dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Himawan Arief Sugoto, Kepala Kantor Perwakilan ATR/BPN Sulsel, yang mewakili Pangdam Hasanuddin, Kapolda Sulsel, Kejati Sulselbar, hadir juga seluruh bupati dan walikota atau yang mewakili se-Sulsel dan Para penerima Sertifikat.

Penulis : Sulistiawati

Editor : Supriadi Maud