Parepare Raih Penghargaan Kepemilikan Akta Kelahiran Anak Tertinggi di Sulsel

Parepare Raih Penghargaan Kepemilikan Akta Kelahiran Anak Tertinggi di Sulsel
Disdukcapil Parepare meraih penghargaan kepemilikan akta kelahiran anak tertinggi di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) di Aula Kantor Gubernur.

KabarMakassar.com -- Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) meraih penghargaan kepemilikan akta kelahiran anak tertinggi di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) di Aula Kantor Gubernur, Kamis (14/11).

Penghargaan itu diterima oleh Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim. Ia menyampaikan ucapan syukur dan berbangga atas kerja keras dari Disdukcapil.

“Alhamdulillah, Kota Parepare dinobatkan sebagai kota no 1 yang memiliki cakupan kepemilikan akta kelahiran anak tertinggi di Sulsel Itu merupakan prestasi,” ucapnya.

Kadisdukcapil, Saifullah mengatakan belakangan ini terus berbenah untuk meningkatkan kualitas layanan publik penerbitan dokumen kependudukan. 

Sehingga, kata dia, penduduk yang mengurus penerbitan dokumen kependudukannya jadi dengan cepat bahkan bisa ditunggu beberapa menit dan selesai saat itu juga.

”Kami sudah target maksimal 10 menit dokumen penduduk yang bersangkutan sudah selesai,” ujarnya.

Sementara itu, terkait peningkatan kepemilikan khusus Akta Kelahiran anak, ada beberapa inovasi dilakukan, diantaranya kerja sama dengan Puskesmas dan Rumah Sakit dalam rangka percepatan kepemilikan akta kelahiran anak baru lahir.

Selanjutnya, Dinas Sosial atau Pekerja Sosial untuk pemenuhan kepemilikan akta kelahiran anak rentan Adminduk seperti anak terlantar, anak di panti asuhan dan anak berhadapan dengan hukum.

Perekaman dan penerbitan dokumen kependudukan keliling khusus anak, selain perekaman KIA, anak yang belum memiliki Akta Kelahiran, juga akan diterbitkan akta kelahirannya.

Tak hanya itu, Disdukcapil juga menjalin kerjasama dengan Kelurahan setempat terkait penerbitan akta kelahiran anak yang lahir di luar fasilitas kesehatan seperti Puskesmas dan Rumah Sakit.

"Alhamdulillah, mudah-mudahan hasil ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan publik penerbitan dokumen kependudukan, pungkas Saifullah.

Penulis : Ardiansyah

Editor : Prisatno