Presiden Tegaskan Pentingnya Hubungan Harmonis Forkompinda

Presiden Tegaskan Pentingnya Hubungan Harmonis Forkompinda
Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, saat Rakornas di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat. (Foto: Herlin Sadid).

KabarMakassar.com -- Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo menegaskan betapa pentingnya hubungan harmonis antara seluruh kepala daerah dengan seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) se-Indonesia.

Hal tersebut disampaikan langsung pada acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Indonesia maju pemerintah pusat dan Forkompinda, di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat.

"Pertama sekali penting saya sampaikan hubungan harmonis Forkompinda penting sekali, penting sekali," tegas politisi DPP PDIP ini yang disambut tepuk tangan meriah dari seluruh hadirin, Rabu (13/11)

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan betapa pentingnya menjaga diskonten yang sudah banyak mengorbankan kepala daerah termasuk salah satu presiden mengundurkan diri dari jabatannya.

"Diskonten mulai banyak muncul. Hati-hati menangani hal-hal yang kecil ini. Kalau kita tidak sensitif bisa melebar, oleh sebab itu penting sekali yang satu ini," ungkapnya. 

Presiden Jokowi menyampaikan pula komunikasi antara Gubernur dengan seluruh elemen Forkompinda di masing-masing daerah harus dibangun dengan baik.

"Komunikasi Gubernur dengan Kapolda, Gubernur dengan Pangdam, Gubernur dengan Kejati, Gubernur dengan para pengadilan tinggi, penting sekali untuk menjalin ada masalah yang dibicarakan dengan harmonis seperti itu akan sangat mempengaruhi intensi yang ada di daerah, kalau ada salah satu dari yang saya sebut tadi," jelas mantan Walikota Solo itu. 

Rakornas ini dalam rangka menyamakan visi pembangunan tahun 2020 Presiden Joko Widodo dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan kegiatan tersebut di gelar oleh Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) serta menghadirkan seluruh Gubernur, Bupati, Ketua DPRD, Kejati, Kejari, Kapolda, Kapolres, Pangdam, Danrem, Dandim seluruh Indonesia. 

Kegiatan ini juga langsung diarahkan Menko, beberapa Menteri dan Kepala Badan Penanaman Modal, Ketua BPK, Kepala BPKP, Ketua KPK, Jaksa Agung, Kapolri, dan Panglima TNI.

Penulis : Herlin Sadid

Editor : Prisatno