Polda Sulsel Awasi Pembangunan Stadion Barombong Makassar

KabarMakassar.com –— Direskrimsus Polda Sulawesi Selatan Kombes Polisi Yudhiawan mengatakan kepolisian belum memiliki wewenang untuk menangani peristiwa robohnya salah satu bagian stadion Barombong Makassar.

Hal ini dikarenakan stadion Barombong yang digadang gadang bertaraf internasional ini masih dalam proses pengerjaan dan tanggung jawab kontraktor.

Setelah nantinya diserahkan ke Pemda atau Pemprov Sulsel sebagai leading sector dan terdapat masalah termasuk adanya dugaan tindak korupsi baik dari BPK maupun Laporan masyarakat maka Polda akan melakukan tindakan.

Meski belum ada wewenang, tetapi Polisi akan melakukan pengawasan terhadap pembangunan stadion Barombong.

“Pengawasan dilaksanakan agar jangan sampai ada ketidaksesuaian dalam pembangunan stadion Barombong. Dengan adanya pengawasan ini diharapkan kontraktor dan pihak terkait akan lebih berhati-hati,” Terang Direskrimsus Polda Sulawesi Selatan Kombes Polisi Yudhiawan Rabu 06 Desember 2017.

Baca juga :   Seruan Ni Luh Puspa di Aksi Kamisan

Sebelumnya pada Sabtu 02 Desember 2017 lalu, salah satu bagian di stadion Barombong makassar Sulawesi Selatan yang sementara dibangun roboh. Tidak ada korban jiwa maupun luka. Namun peristiwa ini menarik perhatian apalagi stadion ini digadang gadang berstandar internasional dengan nilai pembangunan ratusan miliar rupiah.

Adapun bagian yang roboh yakni 1 dari 49 segmen yang sementara dibangun dari total keseluruhan segmen yakni 88 segmen. Tepatnya dibagian Tribun Selatan.

Akibat kerusakan segmen berukuran 8×7 kerugian sekitar 35 juta rupiah.

Baca juga :   DP Akan Resmikan Jaringan Telekomunikasi di Pulau Kodingareng

Kerusakan terjadi saat proses pengecoran sementara berlangsung. Saat pengecoran segmen roboh.

Pihak dinas pemuda dan olahraga Sulsel mengatakan menurut laporan dari konsultan pengawas penyebab robohnya segmen diantaranya yakni cuaca.

Tahapan pembangunan Stadion Barombong makassar yang terletak di kawasan Barombong tamalate makassar sudah berlangsung pada tahun 2011 lalu dan dijadwalkan selesai maret tahun 2018 mendatang.

Bulan Desember 2017 ditargetkan pembangun konstruksi sudah mencapai 70 persen. Sementara saat ini mencapai 62 persen.

Adapun total anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan stadion yang akan menjadi markas tim sepak bola kebanggaan kota Makassar ini PSM Makassar hingga selesai sekitar 500 miliar bersumber dari APBN APBD.

Baca juga :   Berita Foto: Penertiban Angkutan Barang dan Orang

Dari 2011-2017 dana disiapkan sebesar 330 Miliar. Sementara yang terserap sudah 202 Miliar.

Dari papan proyek yang terpasang di kawasan stadion tertulis nama paket: Kelanjutan pembangunan stadion Barombong makassar t.a 2017. Lokasi stadion Barombong makassar.(*/sng)

Sumber dana : apbd
Tahun anggaran: 2017
Kontraktor pelaksana: PT.Usaha subur sejahtera.
Konsultan pengawas: PT. Kanta karya utama.

Penulis Baba Duppa