News

Polda Sulsel Amankan Dua Pelaku Travel Bodong

Polda Sulsel Amankan Dua Pelaku Travel Bodong

Kabar Makassar-- Dua pelaku penipuan umrah bodong di Makassar Sulawesi Selatan masing-masing Muhammad Arsyad yang mengaku sebagai Direktur PT. Arca Perkasa Makassar dan Haryadi sebagai Komisaris PT. Arca Perkasa Makassar.

Keduanya ditangkap aparat Kepolisian Polda Sulawesi Selatan pada 12 September 2017 lalu di tempat berbeda masing-masing di Palu Sulawesi Tengah dan Ternate Maluku Utara. Keduanya ditangkap setelah dilaporkan korbannya terkait penipuan bermodus travel umrah.

Setelah dilakukan pemeriksaan, diketahui jika PT. Arca Perkasa Makassar yang disebut perusahaan milik kedua pelaku tidak resmi atau tidak berijin alias bodong.

Adapun modus pelaku yakni menjanjikan para korban untuk umrah dengan biaya hanya 14 juta rupiah per orang.

Sebanyak 72 orang sudah mendaftar dan dijanjikan akan berangkat pada Mei 2015 lalu namun hingga saat ini tidak diberangkatkan .

Adapun total uang yang diduga digelapkan sejak beroperasi tahun 2014 lalu ini yakni mencapai satu miliar rupiah.

Sementara itu, pelaku mengatakan awalnya menggunakan harga promo 14 juta per orang dan bekerjasama dengan travel yang memiliki ijin. Setiap satu calon jamaah umrah dibayarkan 22 juta kepada travel yang memiliki ijin tersebu. Uang lebih yang digunakan diambil dari jamaah yang baru mendaftar.

“Jamaah umrah dijanjikan berangkat tahun 2015 lalu sampai sekarang belum diberangkatkan, bahkan sempat , memberikan tiket kepada calon jamaah umrah ternyata bodong,” kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Polisi Dicky Sondani, Rabu 13 September 2017.

Kedua pelaku kini diamankan di Mapolda Sulawesi Selatan.. Keduanya terancam pasal 378 dan atau 372 KUHP tentang tindak pidana penipuan dan penggelapan dengan ancaman di atas lima tahun penjara.

Baba Duppa

Journalist

Pewarta yang telah memiliki sertifikasi "Jurnalis Muda" dari Dewan Pers. Memiliki keahlian memproduksi berita dalam bentuk naskah, video dan suara.

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close