PLUT KUMKM Sulsel Latih UMKM Hitung Biaya Bisnis

PLUT KUMKM Sulsel Latih UMKM Hitung Biaya Bisnis

PLUT KUMKM Sulsel Latih UMKM Hitung Biaya Bisnis

Kabar Makassar -- Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan UMKM Sulsel menggelar bimbingan teknis (bimtek) bagi UMKM, Jumat (20/10/2017) di gedung PLUT Sulsel, Jl. Metro Tanjung Bunga.

Bimtek yang diikuti puluhan pelaku UMKM kuliner ini difasilitasi konsultan PLUT Sulsel, Salman Sahmad. Materi bimtek terkait costing atau bagaimana umkm dapat menghitung biaya-biaya dalam bisnisnya.

 

Bimtek menghitung biaya ini sangat penting, karena menjadi acuan bagi pelaku UMKM dalam menentukan Harga, menurunkan dan mengendalikan biaya, membuat keputusan yang lebih baik mengenai bisnis, juga merencanakan masa yang akan datang.

Konsultan PLUT, Salman Sahmad mengatakan, menghitung keuntungan dengan tepat sama pentingnya dengan menghasilkan keuntungan itu sendiri. Adapun yang paling penting dalam menghitung keuntungan adalah menghitung biaya-biaya.

“Banyak pelaku UMKM hanya memperkirakan saja keuntungannya, tanpa didasari hitungan tepat semua biaya-biaya yang dikeluarkan dalam bisnisnya. Akibatnya, usahanya dianggap untung padahal bunting,”urainya.

Koordinator Konsultan PLUT KUMKM Sulsel, Bahrul ulum Ilham mengatakan, pihaknya rutin menggelar bimtek untuk peningkatan kapasitas UMKM sehingga makin berdaya saing. Ditambahkannya, dengan terus mendorong UMKM ebih maju dan mandiri akan berkontribusi secara nyata dalam pengembangan ekonomi lokal, terutama meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Rilis

 

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close
%d bloggers like this: