PLN Siapkan Gardu Induk Industri Nikel

Kabar Makassar — PLN Sulselrabar tengah menyiapkan satu unit gardu induk Bantaeng Smelter atau GI Smelter yang disiapkan khusus untuk industri nikel.

Informasi yang diperoleh dari lokasi gardu induk Bantaeng Smelter bahwa diawal tahun 2018 akan ada industri yang menggunakan jasa PLN di Bantaeng.

Manager UPT Sulselrabar, Rahmat membenarkan adanya industri yang khusus menggunakan salah satu gardu induk di Kabupaten Bantaeng. “Namanya PT Huadi, yang bergerak di bidang industri nikel akan membuka pabrik untuk proses peleburan Nikel”, kata Rahmat.

Baca juga :   Pertumbuhan Ekonomi Sulsel Tetap di Angka 7,9 persen

Dari informasi terakhir, mereka akan beroperasi di semester 1 tahun 2018. Dan diawal operasi kebutuhan energi mereka sekitar 40 MW. “Kami sudah mempersiapkan jauh lebih besar yaitu 3 x 60 MW khusus untuk PT Huadi” tambahnya.

Lebih lanjut, saat rekan-rekan mewawancarai Rahmat di Gardu Induk Smelter Bantaeng, Ia mengatakan selain kawasan industri memang pemerintah Bantaeng telah mempersiapkan jauh hari di Bantaeng switching khusus menyuplai industri yang membutuhkan energi tegangan tinggi atau industri menengah yang berkisar 20 MW.

Baca juga :   Tahun Baru 2018, Hotel Ini Hadirkan Komedian Abdel & Temon

Sedangkan untuk industri tegangan tinggi kita sudah siapkan 150 MW. “Tinggal menunggu dari pihak PT Huadi saja maka Gardu Induk Smelter ini siap beroperasi” tutup Rahmat. (*/nck)

[divider sc_id=”sc151502116063″]divider-3[/divider]

[team layout=”3″ staff=”6365″ sc_id=”sc581447623527″]