Pj Walikota Makassar Pertama Bergelar Professor, Ini Profil Singkat Yusran Yusuf

Prof Yusran Yusuf bersama koleganya Anggota DPRD Sulsel, Adi Ansar, jelang pelantikan Pj Walikota Makassar. (Foto: Dok. KabarMakassar)

KabarMakassar.com — Jika tak ada halangan, Prof Yusran Yusuf siang ini akan dilantik sebagai Penjabat (Pj) Walikota Makassar menggantikan pejabat sebelumnya, Iqbal Suhaeb, yang masa jabatannya telah berakhir.

Pria kelahiran Kabupaten Maros, 6 Desember 1969 ini akan menjadi professor pertama yang menjabat sebagai Pj Walikota Makassar.

Sejumlah jabatan penting yang berkaitan dengan pemerintahan pernah diemban oleh Guru Besar di Universitas Hasanuddin (Unhas) ini. Mulai dari Ketua Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP), hingga pada Februari lalu diamanahkan untuk menjabat sebagai Kepala Bappelitbangda Provinsi Sulsel. Jabatan ini lah yang membuatnya mundur sebagai Dekan Fakultas Kehutanan Unhas.

Kini, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 131.73 – 779 Tahun 2020 tertanggal 11 Mei 2020, Prof Yusran diberi amanah untuk memimpin Kota Makassar hingga Walikota definitif terpilih pada Pilkada serentak yang rencananya akan dihelat akhir tahun mendatang.

Pria yang menempuh pendidikan dasar sampai menengah di Kabupaten Maros ini memang terkenal aktif berorganisasi sejak masih berstatus pelajar. Ia pernah menjabat sebagai Ketua OSIS SMA Negeri 2 Maros, Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Pertanian Unhas, hingga Sekjen Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Indonesia (HPPM) Maros.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Maros, Sekretaris Umum Ikalatan Alumni Kehutanan Unhas, dan Ketua Umum IKA SMA 2 Maros ini memperoleh gelar Sarjana Kehutanan di Fakultas Pertanian Unhas Makassar pada tahun 1994, kemudian gelar Magister Sains (M.Si) tahun 1999, dan gelar Doctor (S-3) dalam bidang ilmu kehutanan di Institut Pertanian Bogor (IPB) pada tahun 2005 .

Sejak tahun 1969 sampai sekarang, Prof Yusran mengabdi sebagai Dosen Kehutanan di Unhas, dan pada tahun 2009 menyandang jabatan akademik sebagai Guru Besar di Fakultas Kehutanan Unhas.

Ia juga telah mengikuti Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional pada Program Pendidikan Reguler Angkatan XLVII Lemhanas RI pada tahun 2012.

Meski baru pertama kali menjabat sebagai kepala daerah, Prof Yusran mengaku tak punya persiapan khusus jelang pelantikannya sebagai Pj Walikota Makassar.

Namun ia memastikan, dirinya akan berusaha mengemban dan melaksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya.

“Yang pasti harus memberikan kinerja yang bagus dan dipertanggungjawabkan ke pimpinan,” ujarnya.

Reporter :

Editor :

Redaksi

Firdaus

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI