Pimpinan Tarekat Tajul, Puang La’lang Dikabarkan Akan Bebas

Wawancara langsung Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan soal Puang La'lang

KabarMakassar.com — Pimpinan tarekat Tajul Khalwatiyah Syekh Yusuf yakni Puang La’lang dikabarkan akan bebas, Selasa (4/2).

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gowa Abubakar Paka mengatakan pencabutan laporan segera dilakukan setelah hasil rapat Mediasi oleh Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan. “Jadi beberapa hari yang lalu ada permohon pencabutan laporan polisi dari penasehat hukum Puang La’lang, jadi kami respon,” kata ketua MUI ketika di temui di masjid agung Syech Yusuf.

Sebelum mencabut laporan, kata Abubakar, pihaknya telah mendiskusikan hal itu bersama sejumlah Ormas seperti Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan Wahdah Islamiyah. Hasilnya, semua sepakat untuk mencabut laporan terhadap Puang La’lang.

Meskipun surat pelaporan sudah dicabut, Pimpinan Tarekat Puang La’lang mesti menyepakati surat perjanjian yang di buat MUI Gowa, yang akan ditandai tangani pada hasil Mediasi. “Syaratnya itu, Puang La’lang menarik penolakannya tentang Fatwa MUI yang terbit di koran Fajar. Terima Fatwa MUI, dan yang terakhir meminta dicabut surat Somasi oleh Pengacara Puang La’lang. Itu isinya,” kata Abubakar kepada KabarMakassar.com.

Abubakar Paka berharap pimpinan Tarekat Tajul Khalwatiah Syech Yusuf berharap dapat bekerja sama dengan MUI Gowa.

Sementara itu Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan kegiatan mediasi yang dilakukan bersama Dandim dan Polres Gowa adalah untuk mendamaikan antara MUI dengan Puang La’lang agar MUI meminta mencabut laporan polisinya.

“Jadi ini mediasi untuk mendamaikan Puang La’lang dan MUI. Setelah laporan MUI dicabut puang La’lang akan bebas. Namun mediasi itu hari dibatalkan karena kondisi Puang La’lang drop dan dirawat,”

Menurut bupati Mediasi akan kembali di lakukan setelah pimpinan Tarekat Tajul Khalwatiah dalam kondisi sehat. “Kita tunggu kabarnya puang La’lang sehat baru kita mediasikan lagi,” ungkap Bupati.

Diketahui sebelumnya, Pimpinan Tarekat Tajul Khalwatiyah Syekh Yusuf Gowa, Puang La’lang, ditangkap Kepolisian Resor (Polres) Gowa. Puang La’lang diduga telah menyebarkan ajaran sesat kepada masyarakat.

Reporter :

Editor :

Abdul Kadir

Andi Fitrayadi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI