Pilwali Makassar Head to Head

Kabarmakassar.com— Hari ini Rabu 10 Januari 2018 adalah hari ketiga dan merupakan hari terakhir pendaftaran bakal pasangan calon walikota dan wakil walikota Makassar ke KPU Makassar.

Hingga saat ini dua pasangan yang sudah mendaftar ke KPU Makassar.

Dua pasangan yakni Petahana Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto yang berpasangan dengan Indira Mulyasari. Pasangan ini maju melalui jalur perseorangan atau independen dan mendaftar di hari pertama atau pada tanggal 08 Januari 2018 kemarin.

Pasangan kedua yang sudah mendaftar ke KPU Makassar yakni pasangan CEO PT PSM Makassar Munafri Arifuddin yang maju berpasangan dengan Andi Rachmatika Dewi atau Appi – Cicu.

Baca juga :   DPU Makassar: : Pedagang Harus Ikuti Aturan

Pasangan ini mendaftar di hari terakhir sekitar pukul 14.00 Wita.

Pasangan Appi – Cicu maju ke pertarungan Walikota dan Wakil Walikota Makassar melalui jalur partai politik.

Munafri Arifuddin – Andi Rachmatika Dewi mulus ke KPU Makassar setelah mengantongi 10 Parpol yang mengusung mereka di Pilkada ini. Sepuluh parpol yang mengusung pasangan ini yakni, Golkar, Hanura, Nasdem, PPP, PDI Perjuangan, PBB, PAN, PKPI, Gerindra dan PKS.

Dengan usungan 10 Partai ini memastikan jika tinggal satu partai yang memiliki kursi namun belum memberikan usungan yakni partai Demokrat.

Salah seorang komisioner KPU Makassar Abdullah Mansyur menyatakan dengan 10 usungan partai politik ini ke Appi – Cicu maka dipastikan Pilwali Makassar periode 2018 – 2023 akan berlangsung head to head.

Baca juga :   Polda Sulsel Awasi Pembangunan Stadion Barombong Makassar

Untuk jalur independen sudah selesai sejak 29 November kemarin sementara untuk jalur parpol sudah tidak mencukupi kursi yang dimiliki. Appi – Cicu memboyong 43 kursi dari 50 Kursi di DPRD Makassar. Sementara kursi minimum untuk maju yakni 10 kursi.

“Untuk mendaftar lagi kalau kita melihat kondisi Sekarang kita pastikan dua pasangan calon yang akan bertarung dalam Pilwali Makassar karena untuk maju melalui jalur independen sudah tertutup 29 November lalu. Untuk maju melalui jalur partai, hari ini kita lihat ada 10 partai yang mengusung pasangan Appi – Cicu. Berarti tinggal satu partai yang memiliki kursi yaitu Demokrat tapi tidak cukup mengusung karena hanya memiliki tujuh kursi,” Kata Abdullah Mansyur salah seorang Komisioner KPU Makassar.

Baca juga :   Foto: Aksi Kamisan Pertama di Kota Makassar

Meski sudah dipastikan hanya dua pasangan yang bertarung dalam Pilwali 2018, namun berdasarkan tahapan pilkada Pendaftaran Bakal Pasangan Calon akan berakhir pada pukul 24.00 Wita hari ini.(*/sng)

Penulis Baba Duppa