Pilkada Gowa Tanpa Calon Independen

KPU Gowa (Ist).

Kabarmakassar.com — Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Gowa digelar bakal tanpa calon independen. Pasalnya, sampai batas penutupan pendaftaran bakal calon independen, Minggu (23/2) lalu, tidak satupun bakal pasangan calon yang mendaftar.

Hal itu ditegaskan oleh Ketua Bawaslu Gowa, Samsuar Saleh. Ia mengaku pihaknya telah melalukan koordinasi dengan KPU Gowa dalam rangka memantau perkembangan tahapan penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati dari kalangan independen.

“Hari terakhir penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati melalui jalur independen dari data yang kami terima, ada satu calon yang mengambil Aplikasi Sistem Pencalonan (Silon) tapi pada pukul 24.00 wita pada hari Minggu tidak ada yang mendaftar, maka bisa dipastikan tidak ada bakal pasangan calon independen,” kata Samsuar, Selasa (25/2).

Ia menambahkan pihaknya telah menerima Berita Acara (BA) dari KPU Gowa terkait tidak adanya pencalonan independen pada Pilkada mendatang.

“BA dengan Nomor 28/PL.02.2-BA/7306/KPU-Kab/II/2020 sudah kami terima dari KPU Gowa yang menjelaskan tidak ada bakal pasangan calon yang datang membawa dokumen syarat dukungannya,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua KPU Gowa Muchtar Muis. Ia mengaku pihaknya sudah mempersiapkan pendaftaran bakal pasangan calon perseorangan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan berdasarkan Petunjuk Teknis Keputusan KPU RI Nomor 82/PL.02.2-Kpt/06/KPU/II/2020.

“Iya, tidak ada satu bakal pasangan calon yang mengambil Silon untuk jalur independen, tapi sampai selesai jadwal yang telah ditetapkan tidak ada datang membawa dokumen syarat dukungannya dan tim juga sudah siap menerima sesuai jadwal dan petunjuk teknis yang di tetapkan. Hari terakhir kami menunggu sampai pukul 24.00 Wita,” kata Muchtar.

Reporter :

Editor :

Abdul Kadir

Sofyan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI