Perubahan Cuaca, Kualitas Informasi Publik Belum Optimal

KabarMakassar.com — Komisioner Informasi Publik (KIP) Sulawesi Selatan menilai kualitas dan keterbukaan informasi publik terkait kondisi cuaca yang terjadi saat ini belum optimal disampaikan sejumlah institusi pelayanan publik.

Komisioner KIP Sulsel Dr. Azwar Hazan menyampaikan beberapa hari ini masyarakat disuguhkan dengan informasi yang tidak berkualitas. Padahal, lanjutnya informasi publik adalah hak bagi seluruh warga negara dan itu dijamin oleh undang – undang.

“BMKG itu sudah melakukan fungsinya dalam memberikan informasi publik terkait kondisi cuaca, mestinya instansi yang lain juga begitu,” pungkasnya saat menggelar dialog Akhir Tahun 2017, di Hotel Remcy Panakukkang Makassar, Sabtu 23 Desember 2017.

Menurut Azwar Hasan yang juga pengamat politik Universitas Hasanuddin, adanya musibah banjir yang melanda beberapa wilayah di kota Makassar mestinya masyarakat memperoleh  informasi yang berkualitas bukan yang kuantitas informasi.

“Harusnya kita lebih disuguhkan dengan informasi terkait, misalnya PLN yang akan melakukan pemadaman karena cuaca yang tidak mendukung. Harus senantiasa di sampaikan merespon informasi yang disampaikan BMKG Makassar,” kata dia. 

Namun dalam perjalanannya, kata dia ternyata akses informasi publik tidak sesuai dengan faktanya. Bahkan tidak hanya itu, kualitas informasi publik sangat sulit diakses oleh masyarakat saat ini.

Dialog yang dihadiri oleh beberapa akademisi ormas di Sulawesi Selatan ini mengangkat tema, “Menakar Kualitas Keterbukaan Informasi Publik.” Hadir sebagai pembicara, diantaranya, Dr. Pangeran Moentah selaku akademisi Universitas Hasanuddin, dan Pengurus Komisioner Informasi Publik Provinsi Sulsel, Dr. Azwar Hasan. (*)

Penulis Suharlim Syamsuddin

Baca juga :   Syamsari-Aji De'de Temui Gubernur