Pertama Kali, Gubernur SYL Lantik 519 Kepala Sekolah

KabarMakassar.com— Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) melantik dan mengukuhkan kepala SMA/SMK/SLB se-Sulsel di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sulsel, Kamis pagi (7/12).

Pelantikan 519 kepala sekolah ini untuk pertama kalinya dilakukan oleh gubernur.

Pelantikan kepala sekolah ini, kata SYL merupakan upaya untuk menyatukan semua kekuatan pendidikan Sulsel dan meningkatkan kualitas dunia pendidikan.

Menurutnya, tanpa ada pendidikan yang baik, elemen masyarakat bisa rusak.

“Saya yakin besok Sulsel dan bangsa ini akan lebih maju. Saya sangat bangga pada Anda, sebelumnya saya hanya melantik bupati, walikota dan pejabat eselon, sekarang saya melantik kepala sekolah,” kata Syahrul YL.

Baca juga :   Swasta Harus Peran Aktif Mencegah Narkoba

Dia meminta kepala sekolah yang dilantik untuk mengemban amanah dan kepercayaan yang ada dengan baik, “Bukan hanya SK, jabatan Anda adalah bagian dari ibadah dan ini merupakan jabatan mulia,” sebutnya.

Menjadi kepala sekolah harus memiliki perencanaan yang baik, dengan visi leadership atau kepemimpinan, memiliki terobosan, kemauan memimpin dan mampu menjawab tantangan zaman.

“Anak buah kita boleh lebih pintar untuk membantu kita. Tetapi kita harus lebih cerdas mengatur. Pemimpin adalah orang yang kerjanya lebih dari anak buah, harus punya kemampuan berpikir lebih banyak, begitupun seorang kepala sekolah,” ujar Syahrul YL.

Baca juga :   Berita Foto: Donor Darah AHY

Tantangan lain yang dihadapi dunia pendidikan saat ini, dimana anak didik memperoleh pembelajaran tidak hanya dari sekolah tetapi juga dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang ada, seperti sosial media (sosmed).

“Anak-anak kita sekarang juga diajar oleh sosmed, itu tantangan kita, jangan sampai guru dan kepala sekolah kalah dari itu,” harapnya.

Baca juga :   Disnaker Makassar Gelar Pelatihan Kerja

Pelantikan kepala sekolah tersebut disaksikan langsung anggota DPR RI Akbar Faizal.

Pada kesempatan itu juga diserahkan bantuan mobil ambulance kepada Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel dari Bank Sulselbar. Juga bantuan motor kepada IGI dan PGRI dari Bank BRI dan Bank BNI.

Penulis Nur Marwah Yuwa