News

Pertahankan di Puncak Klasemen, PSM Wajib Menang Tandang

Pertahankan di Puncak Klasemen, PSM Wajib Menang Tandang

Kabar Makassar -- Menghadapi tim tuan rumah Persiba Balikpapan, tim "juku eja" wajib meraih kemenangan untuk mempertahankan posisinya di puncak klasemen sementara Liga 1 Indonesia pada pekan ke-14. Tiba di Balikpapan tim asuhan Robert Rene Alberts tidak menggelar latihan ujicoba lapangan jelang laga yang bakal dimulai pada hari ini di Stadion Parikesit, Balikpapan Kamis 13 Juli 2017. Bahkan pelatih asal Belanda tersebut hanya menginstruksikan kepada para pemainnya untuk fokus menjaga kondisi jelang lawan Persiba.

"Pelatih hari ini tidak menggelar ujicoba lapangan, cuma ada instruksi pelatih agar semua pemain jaga kondisi untuk melakoni laganya pada malam nanti," kata Media Officer (MO) Andi Widya Syadzwina, Kamis 13 Juli 2017.

Wina sapaan akrab MO PSM Makassar menambahkan jika pemain saat ini hanya mendapatkan arahan serta meeting setelah sarapan pagi, hal ini rutin dilakukan pelatih berusia 62 tahun tersebut. "Seperti biasa meeting, kemudian pemain mendapatkan sedikit arahan," ujarnya.

PSM Makassar kini mengantongi 26 poin dari 13 laga yang telah dilakoni, Persiba Balikpapan sendiri hanya meraup 4 poin dari 13 laga dan hanya memetik satu kemenangan dan satu hasil seri. Kini persiba terpuruk didasar klasemen sementara Liga 1.

Tidak ingin menganggap enteng klub Persiba, skuat asuhan Robert menerapkan formasi seperti melawan klub-klub sebelumnya yang dilakoninya. hanya saja gelandang asal Belanda Marc Anthony Klok yang tak dapat dimainkan karena akumulasi kartu kuning. Trio pemain asing milik PSM Makassar seperti Wiljan Pluim, Steven Paulle dan Reinaldo Elias Da Costa masih dipercaya sebagai starter oleh Coach Robert.

Sementara kapten tim, Hamka Hamzah dan pemain senior lainnya Zulkifly Syukur juga masuk dalam daftar pemain yang diboyong ke Balikpapan untuk melakoni laga tandang di peka ke-14. Menghadapi tim berjuluk "Beruang Madu" pelatihnya Milomir Selsija pun tak mau kecolongan di kandang sendiri. Justru ia tetap percaya diri dan memotivasi pemainnya untuk bisa bangkin dan mendapatkan kemenangan dihadapan publik sendiri.

Persaingan tim papan atas pun semakin ketat, dimana PSM Makassar masih dibayang-bayangi klub Madura United dan juga Arema FC yang hanya selisih 1 poin, tidak hanya itu Persipura dan juga Bali United mengejar pucuk klasemen.

Tim Persiba Balikpapan yang telah menelan kekalahan beruntun sebanyak lima kali, pelatih asal Bosnia Herzegovina ini mengatakan jika pemainnya akan terus bermain agressif dan bisa memanfaatkan laga kandang untuk mendapatkan poin tiga.

"yang kita lakukan untuk terus memotivasi pemain kami, semua tim ada hari buruknya. Kita coba bermain lebih berani dan juga memiliki percaya diri yang tinggi, kita berani ambil poin dikandang sendiri," ujar Milomir.

PSM Makassar sendiri mendapatkan hal positif dilaga kandang sebelumnya dengan mengalahkan Bhayangkara FC dengan skor tipis 2-1 di Stadion Mattoangin beberapa waktu lalu. Namun dilaga tandang melawan Persib Bandung, Hamka Hamzah hanya bisa pasrah dengan hasil kekalahan 2-1 atas tim "Maung Bandung".

Berikut hasil lima pertanding sebelumnya yang dilakoni Persiba dan PSM Makassar,

Persiba:

9 Juli 2017- Barito Putera Barito Putera 1 - 0 Persiba Balikpapan.

5 Juli 2017- Bali United Bali United 2 - 0 Persiba Balikpapan.

19 Juni 2017- Persiba Balikpapan 1 - 2 Bhayangkara FC.

11 Juni 2017- Persib Bandung Persib Bandung 1 - 0 Persiba Balikpapan.

3 juni 2017- Balikpapan 3 - 2 Pusamania Borneo FC.

PSM:

3 Juni 2017- PSM Makassar 5 - 1 Persipura Jayapura.

8 Juni 2017- Semen Padang 2 - 1 PSM Makassar.

19 Juni 2017- PSM Makassar 1 - 0 Borneo FC.

5 Juli 2017- Persib Bandung 2 - 1 PSM Makassar.

9 juli 2017- PSM Makassar 2 - 1 Bhayangkara FC.

Berikut Prakiraan formasi pemain yang bakal diterapkan Pelatih Persiba Balikpapan dan PSM Makassar,

Coach: Milomir Selsija

Formasi: 4-2-3-1

Kiper: Yoeanto Setya Budi
Bek: Yudi Qhoeruddin, Arhdi Yuniar, Iqbal Samad, Alfad Fathiear
Tengah: Masahito Noto, Robi Kriswantoro, Anmar Almubaraki, Siswanto, Heri Susanto
Depan: Marlon da Silva.

Coach : Robert Rene Alberts

4-1-4-1

Kiper: M Syaiful
Bek: Hamka Hamzah, Zulkifly Syukur, Reva Adi Utama, Steven Paulle.
Tengah: M Arfan, Syamsul Chaeruddin, Gozali Siregar, Wiljan Pluim.
Depan: Reinaldo Elias Da Costa.

 

Fritz Wongkar

Journalist

Pewarta yang telah mengantongi sertifikat Jurnalis Muda dari Dewan Pers. Aktif menulis sejak 2011.

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close