News

Perokok Akan disanksi Kurungan dan Denda Rp50 Juta

Perokok Akan disanksi Kurungan dan Denda Rp50 Juta

Kabar Makassar, Gowa-- Pemerintah Kabupaten Gowa mengeluarkan sanksi tegas dan denda kepada warga yang merokok di area atau kawasan bebas asap rokok, Rabu 25 Oktober 2017 lalu. Area yang ditetapkan sebagai Kawasan Bebas Rokok (KTR) ini meliputi sarana pendidikan baik formal maupun informal, gedung pemerintahan, rumah ibadah, dan tempat pelayanan kesehatan.

Sekretaris Kabupaten Gowa, Muchlis mengatakan siapapun akan dikenakan sanksi dan denda apabila merokok di KTR. Pelanggar akan disanksi tiga bulan kurungan dan denda sebesar Rp50 juta.

"Kebijakan ini sudah ditetapkan dalam Peraturan Daerah (Perda). Mulai tahun ini pihak kami akan intens melakukan sosialisasi KTR ini," tegasnya.

Muchlis menegaskan, dengan adanya KTR ini seluruh instansi pemerintah atau fasilitas publik akan menyiapkan kawasan khusus bagi perokok.

"Jadi bagi area-area yang masuk KTR, maka wajib menyediakan satu ruangan khusus untuk perokok aktif. Tak boleh lagi mengisap tembakau di sembarang tempat," tambahnya.

Sanksi bagi pelanggar Perda KTR ini sendiri akan diberlakukan pada tahun 2019 mendatang. Setelah tahap sosialisasi dianggap sudah selesai.

"Sosialisasi terkait Perda tersebut sudah mulai dilakukan di kecamatan, rencananya pekan depan akan dilakukan di Kecamatan Tombolopao," katanya.

Ketua Komisi IV DPRD Gowa, Asriadi Arasy menambahkan, Perda KTR, hanya diperuntukkan pada instansi pemerintah, puskesmas, dan rumah sakit.

"Ini baik, apalagi Perdanya sudah disahkan tahun ini," tambahnya.(/rls)

Foto: Int.

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close
%d bloggers like this: