Pernikahan Dini, Penyebab Turunnya Peserta UN

Int

Kabar Makassar — Pernikahan dini atau pernikahan pada usia anak menjadi salah satu penyebab turunnya peserta ujian nasional (UN) di sulsel. Hal ini diungkapkan Perwakilan Diknas Sulsel,Hairulnisa Jumat, 23 November 2017.

Dia mengungkapkan jumlah anak bersekolah berbeda dengan jumlah peserta UN. “Dari data yang ada, jumlah anak bersekolah dengan peserta UN itu berbeda. Salah satu faktor penyebabnya pernikahan dini,” ujarnya.

Baca juga :   DPPA Makassar Canangkan Sekolah Ramah Anak

Dia menjelaskan pernikahan diusia anak sebenarnya berdampak negatif, bukan hanya dari sosial ekonomi tetapi dari kesehatan. Menurutnya pernikahan pada usia dini berdampak pada kesehatan reproduksi, dan ini sangat berbahaya bagi anak.

“Ini perlu disampaikan kepada masyarakat, akan bahaya pernikahan dini bagi kesehatan reproduksi,” tegasnya.

Ia berharap dengan adanya pemahaman dampak ini, maka bisa menyadarkan para orang tua untuk tidak menikahkan anak-anaknya pada usia yang masih belia.

Baca juga :   Pesawat Aerobatic Jupiter dan Sukhoi Dipastikan Hadir di F8

Terkait dengan pernikahan dini, Koalisi NGO, Lusi Palulungan menegaskan pihaknya sedang melakukan kampanye stop pernikahan bagi usia anak. Dia menjelaskan kampanye ini melibatkan semua lapisan masyarakat dan stakeholder terkait.

“Puncak acara kampanye stop perkawinan anak akan dilaksanakan pada tanggal, 2 desember mendatang di anjungan pantai losari,” ujarnya. Di acara puncak akan dihadiri oleh menteri KP3A dan sertai kampanye, stop perkawinan anak” berikan kami ijazah bukan buku nikah,”. tutupnya

Baca juga :   G1000 Kebaikan Tanam 13.480 Rumpun Bambu

[divider sc_id=”sc805695670514″]divider-3[/divider]

[team layout=”3″ staff=”1702″ sc_id=”sc277663291760″]