Perlukah Makanan Pedas Bagi Ibu Hamil?

Ilustrasi.

Kabarmakassar.com — Makanan pedas ternyata memiliki banyak khasiat, meski memberi sensasi pedas yang menusuk lidah namun makanan pedas disukai banyak orang. Wanita saat hamil memiliki banyak pantangan baik itu pada makanan atau pun obat-obatan sebab di fase hamil wanita banyak mengalami perubahan baik fisik maupun psikis.

Secara fisik wanita hamil akan mengalami banyak perubahan bentuk tubuh yang bisa memberi ketidak nyamanan hal itu disebabkan karena perkembangan janin dalam tubuh yang begitu cepat, secara psikis wanita hamil akan mudah marah dan sedih karena perubahan hormon yang dialami.

Maka dari itu ibu hamil perlu mengatur pola makan dan diet seimbang yang banyak mengandung karbohidrat, protein, sayuran dan buah-buahan hingga mampu membantu mengurangi kecemasan, rasa sedih yang membuat ibu hamil mudah merasa stres. Manfaat yang bisa di dapatkan oleh ibu hamil dalam makanan pedas adalah :

1. Memperbaiki Mood, karena makanan pedas dapat meningkatkan produksi hormon yang membuat perasaan bahagia, seperti serotonin maka makanan pedas dapat membantu meringankan depresi dan stress.

2. Melancarkan pernafasan, usia kandungan semakin membesar kadang menyebabkan ibu hamil sering merasa sesak maka dengan mengkonsumsi makanan pedas bisa sedikit membantu meringankan gejala sesak yang sering dialami ibu hamil.

3. Memperbaiki fungsi pencernaan, manfaat cabe dalam saluran cerna adalah meningkatkan sirkulasi darah di perut dan meningkatkan lapisan mukus. Capsaisin pada cabe dapat membunuh bakteri H.pylori penyebab sakit maag.

4. Cabe menghasilkan lebih banyak vitamin c dibanding buah jeruk dan provitamin A lebih banyak dari wortel yang sangat di perlukan oleh tubuh.

5. Menurunkan Tekanan Darah, pada ibu hamil yang paling ditakutkan adalah tekanan darah tinggi, maka dengan konsumsi makanan pedas dapat membantu menurunkan tekanan darah. Vitamin A dan C yang terdapat pada cabe dapat memperkuat dinding otot jantung dan panas pada cabe dapat meningkatkan aliran darah keseluruh tubuh.

Meskipun makanan pedas memiliki manfaat bagi ibu hamil namun menurut Bodan Maghfira yang merupakan salah satu Bidan di Puskesmas Layang Makassar saat dikonfirmasi pada Senin (6/7) mengatakan bahwa ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit maag sebaiknya menghindari makanan pedas.

“Meski makanan pedas tidak berbahaya bagi janin, namun jika ibunya memiliki riwayat maag atau asam lambung yang jika makan makanan pedas bisa memicu nyeri atau ulu hati yang nantinya justru memberi ketidak nyamanan kepada bumil, bisa bikin begah nyeri ulu hati dan sesak” ungkap Maghfira.

Reporter :

Editor :

Sulis

Fritz V Wongkar

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI