Percepat Pendeteksian Covid-19, Pemkot Makassar Pesan 25.000 Alat Rapid Test

Ilustrasi - INT

KabarMakassar.com — Pemerintah Kota Makassar memesan sekitar 25.000 alat Rapid Test yang akan digunakan oleh tim medis dalam mempercepat pendeteksian pasien yang diduga terpapar Virus Corona (Covid-19).

Penjabat Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb mengatakan, alat ini nantinya hanya diperuntukkan untuk mengetes orang-orang yang sudah masuk dalam kategori bagi ODP (orang dalam pemantauan) dan PDP (Pasien Dalam Pengawasan)

“Kami sudah memesan alat (rapid test) sebanyak 25.000. Semoga minggu ini bisa datang. Yang akan diperiksa baik itu ODP maupun PDP, juga untuk masyarakat yang menggunakan travel yang sama dalam perjalanan umrah dengan pasien postif Covid-19,” kata Iqbal, Selasa (24/3).

Iqbal juga memastikan, pihaknya tak akan mengadakan atau melakukan pemeriksaan massal untuk seluruh masyarakat.

“Ini hanya untuk yang sudah kontak saja dengan pasien Covid-19,” tegasnya.

Lebih jauh Iqbal mengatakan, Tim Penanganan Covid-19 dari Pemkot Makassar akan melakukan kerjasama dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) dan juga pihak travel perjalanan umrah, untuk melakukan contact tracing guna mengetahui siapa saja yang telah melakukan kontak dengan Pasien Dalam Pemantauan (PDP) Covid-19 yang meninggal di RS Grestelina pada Senin (23/3) malam kemarin.

“Kami kerjasama dengan Unhas untuk mendatangi satu persatu dan menggali informasi, memeriksa, dan memberitahukan terkait ditetapkannya satu pasien Covid-19 ini,” ungkapnya.

Sekadar diketahui, hingga Selasa (24/3) sore, pasien positif Covid-19 di Kota Makassar totalnya berjumlah 3 orang (1 meninggal, 1 isolali mandiri di rumah, dan 1 dirawat di rumah sakit).

Sementara untuk ODP berjumlah 30 orang (12 proses pemantauan, 18 dalam pemantauan). Sedangkan PDP jumlahnya sebanyak 31 orang (1 meninggal, 26 masih dirawat, 4 dinyatakan sehat dan diperbolehkan pulang).

Reporter :

Editor :

Herlin

Firdaus

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI