News

Peran Serta Masyarakat & Pemerintah dapat Menekan Angka Penyalahgunaan Narkoba

Peran Serta Masyarakat & Pemerintah dapat Menekan Angka Penyalahgunaan Narkoba

Kabar Makassar ----- Permasalahan penyalahgunaan narkoba merupakan permasalahan yang kompleks, sehingga upaya penanggulangannya harus dilakukan di semua elemen, baik pemerintah dan masyarakat di perkotaan maupun di pedesaan. Perkembangan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba di Blitar (Jawa Timur) dari tahun ke tahun mengalami peningkatan baik kualitas maupun kuantitasnya, sedangkan jumlah aparat yang bertugas untuk menangani masalah penyalahgunaan narkoba sangat terbatas, maka perlu dilakukan suatu upaya untuk memperoleh dukungan dari pihak terkait dengan dilandasi oleh suatu kesepahaman bahwa masalah narkoba merupakan tanggung jawab kita bersama. Secara ekonomi, bisnis narkoba sangat menjanjikan untuk meraih keuntungan yang sangat besar, sehingga sasaran penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba sudah merambah ke semua lapisan masyarakat bahkan sampai ke wilayah pedesaan. Oleh karena melihat kenyataan yang sedemikian membahayakan, maka sangat diperlukan untuk memberdayakan potensi yang berada di masyarakat pedesaan.Dalam rangka membangkitkan/ memotivasi  masyarakat pedesaan agar dengan ikhlas mau dan mampu untuk mencegah dan menangkal serta menanggulangi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di wilayah pedesaan atau kelurahan perlu dilakukan antara lain:

  1. Kepala desa/ lurah beserta perangkat desa harus memberikan motivasi kepada seluruh potensi masyarakat dan tanggap apabila ada orang asing masuk ke wilayahnya/ terjadinya sekelompok orang yang bergerombol. Perketat wilayah batas desa/ kelurahan.
  2. Bentuk tempat-tempat olahraga agar para remaja ada satu kegiatan yang positif.
  3. Gerakan unsur-unsur karang taruna dan perangkat desa/ kelurahan untuk membuat kegiatan yang positif.
  4. Pada hari-hari tertentu lakukan kerja gotong royong/ bersih-bersih desa.
  5. Sosialisasi P4GN di lingkungan masyarakat kelurahan/ desa diarahkan untuk meningkatkan kesadaran dan peran serta seluruh warga masyarakat kelurahan/ desa, terutama partisipasi aktifnya dalam kegiatan pencegahan bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba sesuai ketentuan yang ada.

Kegiatan ini dimaksudkan membangun paradigma baru dalam mencegah bahaya narkoba. Selain itu, membentuk/ membuat kampung bebas narkoba sehingga terciptanya kampung yang bebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba melalui pendekatan potensi masyarakat di wilayah kelurahan/ desa dengan tekad untuk perang terhadap segala bentuk penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di segala lini.

Adapun tujuan secara rinci yang ingin dicapai melalui pelaksanaan kegiatan ini sebagai berikut:

-          Memiliki daya pencegahan, tangkal dan penanggulangan untuk terwujudnya masyarakat yang imun/ menghindarkan diri terhadap penyalahgunaan narkoba.

-          Mampu dan mau mensosialisasikan program pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) untuk diketahui oleh masyarakat di wilayah kelurahan/ desa sehingga mau berperan serta dan melaksanakannya.

Mengingat ujung tombak dari segala kegiatan sosial dalam mewujudkan kesejahteraan dari segala aspek kehidupan. Untuk mencapai kehidupan keluarga sebagaimana yang diharapkan keluarga itu sendiri, sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain, kondisi sosial dan ekonomi. Untuk itu setiap individu diharapkan dapat melaksanakan kewajiban sosialnya dengan baik dan senantiasa meningkatkan aktivitas sosial tersebut secara kualitas maupun kuantitas.

Sosialisasi P4GN di masyarakat diarahkan untuk meningkatkan kesadaran dan peran serta seluruh warga masyarakat, terutama peran serta aktifnya dalam kegiatan pencegahan bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba sesuai ketentuan yang ada.

Sumber Dari Google Oleh: AKBP Henry Siswanto, MKpd

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close