Perampok Nasabah Bank Didor

Ilustrasi Penangkapan Pelaku Kriminal [Foto: Int]

Kabarmakassar.com, Gowa — Aparat Resmob Polda Sulsel berhasil melakukan penangkapan terhadap tersangka pelaku Pencurian dengan Kekerasan (Curas) yang selama ini mengintai nasabah bank di wilayah Makassar dan Gowa. Samsuddin Daeng Pasang (42) diringkus di Kampung Je’ne Madinging, Kecamatan Pallangga.

Polisi akhirnya melumpukan tersangka dengan dua tembakan di kaki lantaran berusaha melakukan perlawanan.Kronologis penangkapan berawal saat polisi mendapat informasi tersangka yang selama ini sudah lama masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polda Sulsel berada di tempat persembunyiannya di Kampung Je’ne madinging Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa.

Pelaku yang dikenal lihai ini akhirnya menyerah saat tempat persembuyiannya dikepung polisi. Samsuddin kemudian dibawa untuk menunjukkan tempat persembuyian anggota komplotannya. Namun ditengah perjalanan Samsuddin berontak dan berusaha melarikan diri dari penjaagaan petugas.

Baca juga :   Kuasa Hukum: Penetapan Tersangka DPRD Sulbar Kurang Alat Bukti

Petugas yang tak ingin kehilangan buruannya langsung melepaskan tembakan peringatan dengan harapan pelaku segera menyerah. Namun Samsuddin tetap berusaha kabur. Akhirnya polisi mengarahkan moncong senjatanya ke arah tersangka. Dorr dorr..dua timah panas menembus kaki Samsuddin yang akhirnya roboh bersimbah darah. Pelarian DPO yang dikenal tak segan melukai korbannya ini pun berakhir.

Informasi yang diperoleh pelaku sudah kerap kali melakukan aksi kejahatan, salah satunya melakukan pencurian barang dan uang berupa tas ransel warna Hitam berisi uang tunai sebesar Rp246.000.000, Hp Blackberry, Hp merk Strawberry dan berbagai macam surat-surat penting di Jalan Kawasan Industri Makassar (KIMA) 10 Kecamatan Biringkanayya Kota Makassar.

Baca juga :   Pekerja Swasta Rawan Penyalahgunaan Narkoba

Saat itu pelaku mengikuti korban yang pulang dari Bank BRI unit Kapasa dengan membawa uang kantor yang baru saja dicairkan dan akan dibawa ke kantor BCA KIMA dengan mengendarai sepeda motor untuk disetorkan kembali.

Sesampai di kawasan industri Makassar 10 (KIMA), pelaku mengikuti korban dan langsung menendang korban hingga terjatuh dari motor, kesempatan itu kemudian digunakan pelaku untuk merampas tas yang berisi uang tunai tersebut.

Baca juga :   Kadis PTSP Akan Tindak Tegas Apotik Nakal

Pelaku juga sempat menodong korban dengan pisau. Samsuddin berhasil kabur dengan uang jarahnnya menggunakan sepeda motor Yamaha Jupiter bersama Rudi (30).

Pelaku bersama Rudy juga dilaporkan melakuan aksi jambret di Jalan Sultan Hasanuddin Kabupaten Gowa dan berhasil merampas tas bersi uang Rp2 Juta. Kabidhumas Polda Sulsel membenarkan penangkapan tersangka.

Penulis : Budiman