Penyederhanaan Golongan Listrik Mendapat dukungan dari SYL

Kabar Makassar — Pemerintah Pusat melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PT PLN (Persero) berencana akan menyederhanakan golongan listrik rumah tangga non subsidi.

Rencana itu hingga saat ini masih dalam tahap pembahasan di tingkat atas. Penyederhanaan golongan tarif tersebut dinilai selain memudahkan pembagian golongan listrik yanh memiliki tarf yang sama, juga dalam rangka memydahkan masyarakat mendapatkan akses listrik yang sesuai dengan kebutuhannya.

Baca juga :   Hut 410, Dinkes Makassar Sunat 500 Peserta Warga Kurang Mampu

Terkait rencana tersebut, Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo menyatakan memberi dukungan penuh. “Saya dukung itu”. Ujar Syahrul

Gubernur mengatakan, rencana kebijakan itu tentunya telah melalui proses pengkajian dan diharapkan objektif untuk kepentingan masyarakat.
“Jangan sampai konsep secara konsep sudah bagus, namun penerapannya yang terkendala atau jadi masalah.” Kata Sharul Yasin Limpo.

Baca juga :   Cegah Peredaran Narkoba Aktif, BNNP Sulsel Terus Bergerak

Jika penyederhanaan berhasil diterapkan, pelanggan rumah tangga hanya akan terbagi menjadi tiga golongan. Pertama, pelanggan listrik dengan subsidi (450 VA dan 900 VA subsidi). Kedua, pelanggan listrik non-subsidi 4.400 VA dan 13.000 VA. Terakhir, adalah pelanggan listrik non-subsidi 13.000 VA ke atas (loss-stroom).

Penulis : Nur Marwah Yuwa