News

Penyalahgunaan Narkoba Terus Meningkat

Penyalahgunaan Narkoba Terus Meningkat

Kabar Makassar --- Tingkat penyalahgunaan narkoba di Indonesia dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan. Dari data yang ada, menunjukkan bahwa tiap tahunnya jumlah kasus penyalahgunaan narkoba di Indonesia mengalami peningkatan.

Prevalensi (angka kejadian) penyalahgunaan narkoba di Indonesia akan mencapai 2,8 persen atau setara dengan 5,1 juta orang di 2015 apabila tidak ada penanggulangan yang komprehensif berdasarkan data Pusat Penelitian Kesehatan (Puslitkes) Universitas Indonesia, prevalensi penyalahgunaan narkoba mengalami kenaikan sejak tahun 2009.

Muh Sofyan salah satu aktivis pencegahan narkoba yang ada di Sulsel membenarkan kondisi tersebut. Menurutnya ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya peningkatan penggunaan narkoba.

"Banyak faktor, selain karena makin mudah mendapatkannya, Indonesia juga sudah menjadi sasaran pasar jaringan Internasional," ujarnya via WA. Selasa, 25 Juli 2017.

Karenanya dia meminta para orang tua lebih berperan aktif dalam mencegah penyalahgunaan narkoba tersebut.

Dia mengaku prihatin dengan prevalensi penyalahgunaan narkoba mencapai 1,99 persen atau setara dengan 3,6 juta orang. Angka tersebut naik menjadi 2,21 persen pada 2010.

Menurutnya jumlah peredaran narkoba yang diselundupkan lebih besar yang beredar daripada yang berhasil dicegah oleh Direktorat Jendral Bea Cukai, bahkan dalam setahun nilainya mencapai 17 triliun rupiah.

Selain itu, berbagai permasalahan sosial ekonomi yang tak kunjung mereda menjadi momok karena kualitas hidup masyarakat yang rendah menyebabkan bukan tidak mungkin narkoba (masih terus) menjadi solusi.(*)

Foto: Int.

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close