Penutupan Bandara Bali Berdampak Ke Sulsel, Ini Kata Akademisi

KabarMakassar, — Akademisi dari Makassar meminta agar industri pariwisata di Bali memberikan insentif dan kemudahan bagi wisatawan yang terjebak di daerah itu termasuk memberikan alternatif bagi wisatawan yang ingin ke Bali dialihkan mengunjungi destinasi di luar daerahnya khususnya Sulsel.

Menurut Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar Muhamad Hasan S.Pd, M.Pd. sudah saatnya industri pariwisata di Bali memberikan keringanan kepada para wisatawan yang tertahan disana. “Misalnya dengan pihak hotel memberikan keringanan tarif bagi para wisatawan yg tertahan di Bali,” ungkapnya

Baca juga :   Peresmian Gedung Baru RSIA Sentosa

Tentu dari segi ekonomi, kata dia penutupan bandara Ngurah Rai pasti berdampak pada industri pariwisata Sulsel yang memiliki keterikatan dengan industri di Bali seperti maskapai penerbangan, travel dan kegiatan-kegiatan lain.

“Penerbangan banyak yang dibatalkan, termasuk juga banyak kunjungan wisatawan internasional maupun domestik yang batal. Kalau industri kita sudah punya kontrak dengan destinasi di Bali, jelas ini akan berdampak,” ucapnya.

Pakar ekonomi ini meminta agar daerah-daerah tujuan wisata untuk menangkap wisatawan yang berencana ke Bali dialihkan ke destinasi.lain di Indonesia. “Secara pribadi, ada beberapa keluarga yg ingin ke Bali. Saya minta untuk ditunda dulu sampai tahun depan,” ungkapnya.

Baca juga :   Foto: Aksi Kamisan Pertama di Kota Makassar

Dia menilai potensi ini sebaiknya bisa ditangkap pemerintah daerah di Sulsel dan pemangku kepentingan industri pariwisata lokal. “Jika Bali tidak menjaga pasar tourismnya, bisa saja daerah-daerah lain akan masuk.merebut pasar itu. Ini yang harus ditangkap pelaku industri Sulsel,” ungkapnya

Apalagi, lanjutnya Sulawesi Selatan memiliki destinasi yang karakternya mirip.dengan Bali. Belum lagi beberapa destinasi di Sulsel seperti Rammang-rammang, Pantai Bira hingga budaya unik di Toraja bisa jadi jualan yang menarik.

Baca juga :   Pejabat Kedubes Australia Ini Tolak Cukur Kumis

Penulis Wawan Indrawan