RSUD Di Sulsel Diminta Jadi Rumah Sakit Pendidikan

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo bersama jajaran pengurus Rumah Sakit Ibu dan Anak Sentosa saat meresmikan gedung baru RSIA Sentosa jalan Jenderal Sudirman Makassar, Senin, 24 Juli 2017. Dibawah naungan Yayasan Sentosa pada tahun 2016 lalu rumah sakit bersalin ini berhasil ditingkatkan statusnya menjadi Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) di iringi upgrade salah satunya di segi bangunan baru ini yang terletak di jalan jenderal Sudirman No.52 Makassar. Fotografer: Imran Arief

KabarMakassar, — Kepala Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Bambang Wibowo menjelaskan bahwa jumlah Rumah sakit yang ada di seluruh Indonesia telah berjumlah 2.760 dan 726 diantaranya adalah RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah).

Dari jumlah rumah sakit ini, tidak semuanya dinyatakan sebagai rumah sakit pendidikan. Hingga saat ini rumah sakit pendidikan yang sesuai standar berjumlah 370.

“Sekian banyaknya Rumah Sakit, tidak semuanya bisa dikatakan sebagai rumah sakit pendidikan. Karena ada persyaratan yang harus dilengkapi dan standar yang harus dipenuhi.” kata Bambang Wibowo

Baca juga :   Deng Ical ke DPC PKB Ambil Formulir Calon Walikota

Manajemen Rumah Sakit harus melibatkan Dinas Kesehatan dalam kendali mutu dan kendali biaya di Rumah Sakit Daerah, sehingga produksi dan kebutuhan dilapangan bisa terpenuhi.

Dengan hubungan antara rumah sakit daerah dengan dinas kesehatan diharapkan mampu mewujudkan kebijakan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yakni menjadikan Rumah Sakit daerah yang unggul dalam fungsi pelayanan, pendidikan, dan penelitian.

Baca juga :   Deklarasi DIA MI, Danny-Indira Pakai Perahu Phinisi

“Kita harus bekerja sama menjadikan Rumah sakit daerah yang unggul. Unggul dalam hal melayani serta bisa menjadi tempat penelitian, pelatihan, dan pendidikan kesehatan seperti mahasiswa kedokteran. Kita berharap semakin banyak Rumah sakit daerah yang menjadi rumah sakit pendidikan.” tutup Bambang Wibowo.

Loka Karya Nasional diadakan oleh Arsada (Asosiasi Rumah Sakit Daerah) peserta yang hadir adalah kepala Rumah Sakit Daerah dari seluruh Indonesia.

Dengan mengusung tema “Sinergi Manajemen Dengan Profesional Pemberi Asuhan Dalam Kendali Mutu Kendali Biaya di RSD sebagai Wahana Pendidikan” acara berlangsung di Hotel Grand Clarion, Makassar, Rabu 29 November 2017.

Baca juga :   Koalisi Nasdem-Golkar Siap Tumbangkan Danny Pomanto

Penulis Nur Marwah Yuwa