News

Pentingnya Peran Kontrol Pemerintah dan Masyarakat Memerangi Narkoba

Pentingnya Peran Kontrol Pemerintah dan Masyarakat Memerangi Narkoba

Kabar Makassar -- Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman ataupun bukan tanaman, baik itu sintetsis maupun semi sintetis yang bisa menyebabkan penurunan ataupun hilangnya kesadaran, rasa nyeri maupun timbulnya efek ketergantungan.

Erat hubungannya dengan psikotropika, meski memiliki perbedaan tersendiri. Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan pada aktivitas mental maupun prilaku penggunanya.

Sebenarnya narkotika merupakan bagian dari jenis-jenis obat yang sebenarnya dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Namun dalam penggunaannya kadang tidak sesuai dengan kadar dan tujuan seharusnya, dan tentunya akan menimbulkan dampak yang tidak semestinya.

Bermula pada tahun 1970-an penyalahgunaan narkotika (drug abuse) marak terjadi. Penyalahgunaan ini sangat disayangkan karena menargetkan generasi muda sebagai sasarannya. Beberapa lingkungan pergaulan menganggap drug abuse ini sebagai hal yang lumrah bahkan menjadi sebuah gaya hidup dengan berbagai alasan yang pada akhirnya menyeret penggunanya pada tahap ketergantungan.

Peran pemerintah pun menjadi suatu hal yang sangat penting untuk melakukan tugas dan kewajibannya sebagai pengawas juga kontrol di dalam masyarakat untuk drug abuse. Di Indonesia sendiri penyalahgunaan narkotika akan dikenakan sanksi pidana yang telah diatur dalam Pasal 78, Pasal 79, Pasal 81 dan Pasal 82 UU No. 22 Tahun 1997 Tentang Narkotika.

Drug abuse menimbulkan dampak negatif tidak hanya pada segi fisik penggunanya tapi juga secara psikologis. Fakta bahwa beberapa penyakit menular lainnya bisa menjangkit penggunanya seperti Hepatitis dan HIV sering didapati di masyarakat karena penggunaan dengan cara media suntik bergiliran.

Masyarakat adalah pihak yang sangat berperan pernting selain pemerintah dalam hal pencegahan drug abuse ini. Kerjasama kedua pihak akan mampu menyelamatkan banyak orang terutama generasi muda dari jejaring drug abuse yang bisa merusak hidup dan masa depan mereka.

Hal paling utama yang bisa dilakukan adalah tindakan preemitif (edukatif) dan preventif (pencegahan). Tindakan edukatif bertujuan menghilangkan peluang maupun pendorong pengkonsumsian narkoba oleh masyarakat, seperti pembinaan melalui media pesan seperti poster, sosialisasi dan sebagainya yang bisa secara efektif menyasar masyarakat. Sedangkan pencegahan dilakukan melalui pengendalian juga pengawasan resmi terhadap pengedarannya di tempat-tempat yang kerap dilakukan transaksi jual-beli maupun penggunaannya.

Sinergi yang baik antara masyarakat dengan pemerintah dalam permasalahan narkotika akan menjadi salah satu solusi efektif. Jika pemerintah bekerja secara sendiri, maka solusi yang disiapkan olehnya akan terbatas dan kurang aplikatif. Sementara itu, jika masyarakat bergerak sendiri, maka hal tersebut akan kurang mendapatkan hasil yang maksimal. Sinergi diperlukan untuk memerkuat peran pemerintah dan juga sebagai bentuk pembangunan kesadaran masyarakat atas permasalahan narkotika. Oleh karena itu, sudah saatnya bagi kita untuk sadar akan dampak negatif narkoba dan bersikap mawas diri terhadapnya.

Penulis: BNN dari berbagai sumber
Foto: Int.

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close