Penghapusan PRT Anak di Kota Makassar libatkan RT/RW

Foto oleh Ida

Kabar Makassar — RT/RW akan dilibatkan dalam penghapusan PRT Anak di Makassar. Pemkot Makassar memastikan akan mendukung program penghapusan Pekerja Rumah Tangga Anak (PRTA) di kota Makassar yang sedang digagas oleh pihak Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Sulsel.

Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto sudah menyatakan kesiapannya untuk melakukan MoU dengan LPA Sulsel dalam mewujudkan Makassar bebas PRT anak. MoU ini akan melibatkan seluruh stake holder terkait dan RT/RW dalam mewujudkan Makassar Kota Layak Anak dimana salah satu indikatornya adalah tidak adanya pekerja anak di kota Makassar.

Baca juga :   Turunkan Resiko Serangan Jantung Dengan Gerakan Ini

Bahkan menurut kepala bagian BPM kota Makassar Iskandar Lewa, pihaknya akan memasukkan point penghapusan PRT Anak dalam tugas dan tanggung jawab RT/RW dan penasehatnya.

“Kita akan memasukkan point penghapusan PRTA dalam juknis RT/RW dan penasehat walikota di keluruhan, sehingga hal ini akan menjadi perhatian bersama nantinya,” ujarnya usai melakukan pertemuan dengan LPA Sulsel diruang kerjanya. Senin, 28 Agustus 2017.

Baca juga :   Pemuda Gugat Kekumuhan Monumen LAPRIS

Iskandar menjelaskan bahwa penghapusan PRTA sejalan dengan program Pemkot Makassar sebagai kota yang ramah anak. Dengan melibatkan para RT dan jajarannya maka pengakuan dalam mengawasi dan mendeteksi keberadaan PRT Anak akan makin mudah.

Pihak LPA Sulsel sendiri sudah dua tahun terakhir ini melakukan pemantauan dan advokasi terhadap keberadaan PRTA. Warida Syafie dari LPA Sulsel mengungkapkan bahwa pihaknya juga telah melakukan pilotin terhadap beberapa RT untuk bebas PRTA. Terikat dengan rencana MoU, pihaknya akan bekerjasama dengan dinas PPPA, Disnaker dan Dinsos serta Diknas.

Baca juga :   Sejarah Kebangkitan Maritim itu Dimulai dari Makassar

Penulis: Ida
Foto oleh Ida