Pengguna Narkoba Didominasi Pekerja

Kabarmakassar—–Sampai saat ini sudah banyak pengguna narkoba dari kalangan pekerja. Berdasarkan survei, pengguna narkoba di Indonesia didominasi pekerja usia produktif.

”Data nasional menyebutkan kurang lebih antara 60%-70% pengguna narkoba adalah pekerja usia produktif,
” Menurut Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bagus Wicaksono. Dia mengatakan hal itu saat workshop bertema ”Optimalisasi Peran Penggiat Antinarkoba di Institusi Swasta dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba”. Bagus menambahkan, perlu ada perhatian serius bagi kalangan pekerja.

Baca juga :   Agenda Pemkot Makassar 22 Juli 2017

Jangan sampai jumlah pengguna narkoba di kalangan pekerja ini terus meningkat. ”Melalui workshop ini diharapkan ada dampak positif dalam upaya pencegahan pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap narkotik di Purbalingga,” katanya. Kasi P2M BNNK Tarsito mengatakan, belum maksimalnya keterlibatan masyarakat, pencegahan dan pemberantasan narkoba menjadi kurang efektif.

”Harusnya semua elemen masyarakat, termasuk institusi swasta wajib ikut serta terlibat dalam pencegahan dan pemberantasan narkoba,” katanya. Karena itu, peran penggiat antinarkoba di institusi swasta menjadi penting. Perlu ada komitmen dari diri penggiat untuk menciptakan budaya antinarkoba di lingkungannya.

Baca juga :   Agenda Pemkot Makassar 17 Juni 2017

”Ayo bersama cegah dan berantas narkoba,” katanya. Kabid Hubungan Industrial dan Perlindungan Tenaga Kerja Dinsosnakertrans Tukimin mengatakan, upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan pekerja merupakan salah satu implementasi K3 perusahaan.

Orang yang mengonsumsi narkoba, kualitas kesehatannya akan terus menurun. Kesehatan yang buruk jelas akan mempengaruhi kinerja pekerja dalam melakukan aktifitasnya,” katanya.

Baca juga :   Agenda Pemkot Makassar 19 Juni 2017