News

Pengamat: Paket IYL-RMS Cukup Kuat untuk Maju

Pengamat: Paket IYL-RMS Cukup Kuat untuk Maju

Kabar Makassar -- Bakal Calon Gubernur Sulsel, Ichsan Yasin Limpo yang maju pada Pemilihan Gubernur Sulsel 2018 mendatang telah mengerucutkan dua nama yang bakal mendapinginya di Pilgub 2018. Dua bupati yang disebutkan untuk mendapingi yakni Rusdi Masse dan Andi Mudzakkar. dari kedua nama tersebut nama RMS masih terlihat kuat untuk mendapingi mantan Bupati Gowa tersebut.

Pengamat Politik Universitas Bosowa, Arief wicaksana mengatakan jika simulasi paket IYL dengan RMS cukup kuat untuk maju di Pilgub 2018 mendatang. Pasalnya keduanya memiliki geopolitik cukup mewakili kepentingan masyarakat Sulsel.

"Keduanya cukup kuat, IYL-RM memiliki geopolitik yang cukup mewakili kepentingan masyarakat Sulsel dibaghian Selatan, sulsel bagian tengah maupun dibagian utara," ujar Dekan Fisip Unibos, Arief wicaksana saat dihubungi Kabarmakassar.com Jumat 14 juli 2017.

Arief wicaksono menambahkan jika Bupati Sidrap, Rusdi Masse sudah memberikan pernyataan untuk siap mendapingi adik kandung Syahrul Yasin Limpo tersebut. Dikatakan jika RMS siap menjadi 02 untuk IYL dalam Pilgub 2018.

"Ini apalagi RMS sudah menyatakan siap untuk menjadi 02, dan berpaket dengan IYL. Sekalipun ia tak berpasangan RMS tetap solid sebagai koordinator pemenangan IYl di Pilgub," kata Arief wicaksono.

Lebih lanjut Arief mengatakan jika paket IYL-RMS tinggal menunggu dukungan riil berupa rekomendasi tertulis dari partai politik yang dinantikan kedua pasangan tersebut. Selain itu model koalisi figur yang longgar yang terbangun antara IYL, RMS dan Cakka justru memungkinkan bagi partai politik lain untuk bermanuver dan membangun kerjasama politik.

Untuk diketahui jika saat ini IYL menyisakan dua bakal calon pendampingya maju di Pilgub 2018, menurunnya potensi andi Cakka dikarenakan ia bakal didepak dari partai Golkar. Tidak hanya itu beberapa hal lain yang menyorot jika ia bakal bertarung dengan saudaranya sendiri yakni Azis Kahar Mudzakkar, dimana kakanya bakal berpaket dengan Nurdin Halid dengan usungan partai Golkar.

Sementara Rusdi Masse, diyakini bakal maju karena memiliki kans yang besar, ia juga menjabat partai besutan Surya Paloh yakni Parti NasDem. Tidak hanya itu ia juga mengendalikan NasDem di sulsel sebagai ketua DPW NasDem Sulsel. Bahkan nama RMS dipercaya sebagai Bupati dua periode di kabupaten Sidrap. Hal tersebut disebutkan jika peluang RMS bakal jadi dan siap mendampingi IYL di Pilgub 2018 mendatang.

Peluang Partai yang bakal mengusung paket IYL-RMS;

1. Partai Amanat Nasional (PAN)
2. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
3. Partai Nasinal Demokrat (NAsDem).
4. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Fritz Wongkar

Journalist

Pewarta yang telah mengantongi sertifikat Jurnalis Muda dari Dewan Pers. Aktif menulis sejak 2011.

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close