Pengamat: NH Akomodir None di Golkar itu Hal Wajar

jpnn.com
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kabar Makassar — Bakal Calon Walikota Makassar, Irman Yasin Limpo bakal diakomodir oleh Partai Golkar dalam pemilihan Walikota Makassar pada Pilwalkot 2018 mendatang. Diketahui sepekan lalu adik kandung Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo tersebut telah bertemu dengan Ketua DPD I Partai Golkar, Nurdin Halid (NH) di salah satu warung kopi di kota Makassar.

Pertemuan tersebut merupakan pertemuan untuk membuka ruang Bakal calon walikota Makassar None’ sapaan akrab Irman Yasin Limpo untuk menjalani proses tahapan wawancara yang dilakukan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Golkar Sulawesi Selatan. Namun dibalik terbukanya pintu untuk None diusung Golkar, ia pun balik jika dirinya harus memenangkan pasangan Nurdin Halid-Azis Kahar yang berpasangan maju di Pilgub 2018 mendatang.

“Insya Allah saya akan memenuhi syarat yang diajukan Golkar, sepanjang semua saling menguntungkan, dan pencalonan juga berjalan dengan baik maka ada untungnya juga buat Partai Golkar. Namun jangan tanya apakah saya akan memenangkan NH-Aziz, sekarang kasih tahu saya bagaimana caraku melakukan itu,” kata none’ beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal tersebut Pengamat Politik dan Pemerintahan, Dr Arief Wicaksono mengatakan jika pertemuan antara NH dan None’ dalam rangka saling mengusung merupakan hal wajar dan melihat jika politik saat ini tidak kaku, dinamis dan terlihat cair.

“Menurut saya politik itu tidak kaku, ia tidak hitam putih, ia abu-abu, cair dan dinamis. Kalau pak NH misalnya mengakomodir None’ untuk kesempatan diusung Golkar, saya kira itu wajar saja,” kata Arief yang juga Dekan Fakultas Sospol Universitas Bosowa, Kamis, 20 Juli 2017.

Arief menambahkan jika ruang yang diberikan terhadap None sangatlah terbukti jika komunikasi politik saat ini dari Golkar terus dibangun dengan baik. Sekalipun None’ memiliki kakak kandung yang turun bertarung di Pilgub 2018 menantang Nurdin Halid-Azis. Tidak hanya itu pertemuan keduanya memang tergolong cukup baik dengan memiliki strategi yang bagus untuk Pilgub dan juga Pilwalkot Makassar.

“Selain ini hal wajar, ini pun bukan representasi pemikiran awam yang selama ini berkembang, tentang rebutan pengaruh antar keluarga politik,” terang Arief Wicaksono.

Untuk diketahui jika saat ini None’ gencar mendapatkan kendaraan parpol untuk diusung maju di Pilwalkot Makassar 2018. Partai Golkar sendiri memiliki 8 kursi di DPRD Makassar sehingga wajar banyak Cawalkot yang ingin diusung partai beringin ini.

Golkar Makassar pun menjadi pemenang Pemilihan Legislatif 2014, dimana partai Golkar mendapatkan 8 kursi di DPRD kota Makassar.

Pada Pilwalkot Makassar 2018 melalui jalur partai politik, calon minimal harus mengantongi 10 kursi DPRD. Dengan syarat usungan tersebut, praktis masing-masing parpol masih membutuhkan koalisi untuk dapat mengusung calon.

Untuk itu jika None’ berhasil diusung Partai Golkar Makassar ia harus mengejar partai Politik lainnya untuk maju.

Berikut Parpol yang sudah didatangi None’ untuk mendaftar maju di Pilwalkot Makassar,
1. Partai Gerindra (Timses None mengembalikan formulir tanggal 21 Mei 2017).
2. Partai Amanat Nasional, PAN ( Timses None kembalikan formulir tanggal 25 Mei 2017).
3. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan PDIP (Dibawakan formulir cawalkot pada 14 Mei 2017).

– Golkar Makassar, 8 Kursi DPRD Kota Makassar.
– Gerindra Makassar, 5 Kursi DPRD Kota Makassar.
– PAN Makassar, 4 Kursi DPRD Kota Makassar.
– PDIP Makassar, 4 Kursi DPRD Kota Makassar.

Foto: Int.

[divider sc_id=”sc1144621177294″]divider-3[/divider]

[team layout=”4″ staff=”1673″ sc_id=”sc1095966534988″]

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.