News

Pendekatan Keluarga Adalah Langkah Pertama agar Anak Terhindar dari Narkoba

Pendekatan Keluarga Adalah Langkah Pertama agar Anak Terhindar dari Narkoba

Kabar Makassar-- Narkoba merupakan obat terlarang yang menjadi musuh bangsa sehingga peredarannya harus diperangi bersama.

Pasalnya, melihat kondisi negara yang darurat narkoba, dimana peredarannya tidak hanya menimpa orang dewasa muda bahkan juga telah merambah ke anak di bawah umur. Hal tentunya ini sangat memprihatikan karena efek dari pemakaian narkoba sangnat berbahaya bagi generasi sekrang dan yang akan datang.

Oleh sebab itu, berikut langkah langkah melindungi anak dari bahanya penyalahgunaan narkoba diantaranya:

Ikatan emosional antara orang tua dan anak
Menurtu Granger, anak anak dengan masalah kesehatan mental atau kesulitan dalam mengolah emosi memiliki resiko lebih tinggi untuk menjadi pengguna narkoba dan alkohol. Sehingga peran kelurga khususnya orang tua sangat berpengaruh dalam membangun dukungan emosional anak sejak dini, dan bisa membendung masalah yang terkait dengan penyalahgunaan zat adiktif pada usia remaja.

Pencegahan penyalahgunaan narkoba tidak selelu harus berbicara tentang obat itu sendiri tapi bisa dengan menagtasi faktor pemicu yang lain seperti misalnya stres.

Bicarakan sedini mungkin
Para ahli menyarankan agar orang tua lebih aktif dalam berbicara dengan anak anak mereka sebelum mereka memiliki kesemparan menggunakan obat obat terlarang, upaya ini dapat dilakukan oleh orang tua sebelum anak mereka memasuki usia sekolah menengah atas.

Serta pentingnya memberi contoh faktual kepada anak terkait bahaya penayalahgunaan narkoba, tapi dengan cara penejelasan yang netral dan mudah di tangkap oleh sang anak.

Tetapkan batas yang jelas
banyak orang tua yang ragu dan malu untuk berbicara secara rinci jika anak mereka belum terekspos menggunakan narkoba, namun orangn tua hendaknya tidak hanya memberikan nasehat berupa kata kata tetapi juga bertindak nyata untuk memberikan contoh.

Mangatasi masalah tanpa masalah
Jika orang tua mengetahui anaknya menggunakan narkoba, meskipun baru hanya sebatas rumor dari orang lain. Orang tua harus bisa menagantisipasai jika ada yang mencurigakan dari prilaku anak tersebut tanpa emosi apalagi langsung memvonis dan menyudutkan si anak.

Melainkanmemberikan arahan, saran dan pendapat agar si anak dapat lebih terbuka untuk bisa meninggalkan jerat narkoba.

Bagaimanapun juga orang tua yang bertindak sedini mungkin dapat mengawasi perkembangan anak anak mereka agar tidak terjerumu menggunakan narkoba.

Foto: Int.

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close