Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Masyarakat

Kabar Makassar —– Berbicara narkoba seakan tidak habisnya untuk diusut dengan tuntas, semakin kesini jumlah pemakai maupun pengedar narkoba di Indonesia semakin tinggi. Akses jalur penyelundupan yang memudahkan para pelaku pengedar bisa menjadi salah satu faktor selain jumlah permintaan yang banyak, seperti yang kita ketahui Indonesia sebagai salah satu pengguna tertinggi jumlah pengguna narkoba.

Sangat sulit memang untuk memerangi penyalahgunaan narkoba, bahwa untuk memberantas penyalahgunaan narkoba harus secara bersama-sama artinya tidak hanya tugas yang berwenang saja tetapi dibutuhkan juga kerjasama dari komponen masyarakat untuk secara bersama-sama berperan aktif dalam upaya mencegah penyalahgunaan narkoba.
Tujuan utama pencegahan penyalahgunaan narkoba adalah untuk:

Baca juga :   Respon Cepat TRC Saribattang Dinsos Makassar Tangani Anak Jalanan

Membantu setiap orang, terutamabanak-anak dan pemuda untuk menghindari atau menunda permulaan penyalahgunaan, atau kalau sudah pengguna, berusaha untuk berhenti, dan menghindari munculnya penyakit atau masalah terjadi nya ketergantungan atau adiksi.
Berbagai alasan atau berbagai faktor yang mempengaruhi seseorang menjadi pecandu atau penyalahguna narkoba bisa terjadi dari keluarga, lingkungan dan kurangnya pendidikan pengembangan karakter sehingga terjadinya labil atau tidak bisa mengendalikan emosi, lalu narkoba lah yang menjadi pelariannya. Untuk itu sasaran pencegahan penyalahgunaan narkoba berbasis masyarakat ini terdiri dari keluarga, sekolah, lingkungan dan tempat kerja.

Sedangkan strategi pencegahan berbasis masyarakat bisa mengambil langkah: Mengembangkan kapasitas masyarakat melalui bantuan peningkatan keterampilan dan pengetahuan, penyediaan prasarana dan sarana, sehingga dapat memperluas kerja dan memberikan pendapatan yang layak serta Koordinasi dan jejaring; mengedepankan komunikasi efektif dan membangun kemitraan dan sinergi baik di dalam dan di luar organisasinya menuju tujuan dan komitmen yang sama. Nah, sudah jelas bukan?
Untuk mencapai tujuan yang sama dibutuhkan komitmen serta kerjasama dari berbagai pihak, misalnya LSM, Orsos, Ormas, panti rehabilitasi dan RS yang bisa menangani pasien rehabilitasi bagi pengguna/pecandu narkoba. Peran keluarga tentu yang paling utama, jika ada salah satu keluarga yang terkena penyalahgunaan/pecandu narkoba maka tidak usah malu untuk melapor ke IPWL (Institusi Penerima Wajib Lapor) agar mendapat penanganan rehabilitasi, jangan sampai menunggu timbul berbagai penyakit, sedia payung sebelum hujan tidak ada salahnya jika kita melindungi keluarga dari ancaman jahatnya narkoba.

Baca juga :   Ketua RT di Makassar Sebut Lorong Garden Mendidik Menjaga Persaudaraan

Kita sebagai generasi muda yang akan mencetak atau sudah melahirkan generasi penerus harus lebih waspada dalam hal mendidik anak, dibutuhkan pendidikan berkarakter sejak dini agar menjadi manusia yang berkwalitas dan tidak gampang terpengaruh oleh hal-hal yang negatif.***

Di kutip Dari Google
Penulis Prof. Paulina