News

Pencegahan Narkoba Belum Maksimal

Pencegahan Narkoba Belum Maksimal

Kabar Makassar --- Narkotika dan Obat Bahan Berbahaya sebutan lain Napza yaitu Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif hingga saat ini masih banyak disalahgunakan. Akibatnya pengguna narkoba semakin meningkat dan menjadi lahan bisnis yang menjanjikan.

Legislator Sulsel Selle KS Dalle melihat bahwa meningkatnya peredaran narkoba karena belum maksimalnya dalam pencegahan narkoba. Hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya pengguna narkoba.

"Kalau mau jujur sih, usaha aparat dalam pencegahan narkoba belum maksimal, meski kita tidak bisa menutup mata jika sudah banyak penyelundupan narkoba yang di gagalkan," ujarnya. Selasa, 25 Juli 2017.

Menurutnya masalah narkoba menjadi masalah bersama sehingga semua harus ikut terlibat dalam pencegahan narkoba. Dia berharap masyarakat berperan aktif dalam usaha pencegahan narkoba, salah satunya dengan memberikan informasi pada aparat jika ada yang mencurigakan.

Berdasarkan laman web BNN, narkoba menurut UU No.22 Tahun 1997 tentang Narkotika disebutkan pengertian Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan.

Itulah sebabnya diperlukan dukungan oleh seluruh elemen masyarakat Indonesia dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangan kasus narkoba ini.

Dalam hal ini, dituntut peran aktif tidak hanya dari pemerintah, namun juga dari masyarakat sipil. Seperti misalnya didirikannya beberapa kelompok masyarakat peduli kasus narkoba, yang kini banyak ditemukan terutama di kota-kota besar seperti misalnya Drug Free Community Surabaya, melakukan berbagai upaya nyata untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya para pemuda agar tidak mengkonsumsi narkoba dengan berbagai kegiatan.(*)

Foto: Int.

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close
%d bloggers like this: