Pemprov Sulsel Siapkan 6 RS Rujukan untuk Tangani Pasien Corona

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Ichsan Mustari.

KabarMakassar.com — Pemerintah Provinsi Sulsel menunjuk dan menetapkan enam Rumah Sakit (RS) sebagai tempat rujukan, jika terdapat pasien suspect Corona atau COVID-19 di wilayah Sulsel.

Melalui akun instagramnya, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menyampaikan, keenam RS tersebut yakni: RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo (Makassar); RSU Andi Makkasau (Parepare); RSU Lakipadapada (Tanah Toraja); RSU Akademis Jaury (Makassar); RS Islam Faisal (Makassar); dan RSUD Sinjai (Sinjai).

Selain enam RS rujukan tersebut, kata dia, Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel juga telah menyiapkan Posko Siaga COVID-19.

“Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan juga telah menyiapkan Posko Siaga Covid-19,” tulis Nurdin di akun Instagramnya @nurdin.abdullah, Selasa (3/3) kemarin.

Nurdin juga mengimbau masyarakat Sulsel untuk tidak panik dengan adanya pemberitahuan terkait masuknya Virus Corona ke Indonesia.

Meski begitu, Nurdin tetap meminta masyarakat Sulsel untuk terus menjaga kesehatan dan sementara waktu menghindari bepergian ke luar negeri jika tidak begitu penting.

“Biasakan cuci tangan, tidak sering menyentuh wajah, menutup hidung dan mulut jika bersin atau batuk, dan jika kurang sehat sebaiknya memakai masker dan segera periksa kesehatan,” imbaunya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Ichsan Mustari mengatakan, pihaknya siap untuk menangani hal-hal yang tidak diinginkan (menangani pasien Corona), jika kedepannya ada ditemukan atau terjadi di wilayah Sulsel.

“Semua (enam RS rujukan) siap per tadi pagi. Semua siap,” tegas Ichsan Mustari, Rabu (4/3).

Menurut Ichsan, keenam RS yang ditunjuk ini adalah RS yang dulunya juga dijadikan sebagai tempat rujukan kasus Flu Burung.

“Rumah sakit ini adalah rumah sakit rujukan infeksi flu burung yang mewabah beberapa tahun yang lalu,” terangnya.

Meski begitu, Ichsan memastikan sampai saat ini belum ada kasus Virus Corona di Sulsel.

“Kita berdoa sama-sama. Sampai saat alhamdulillah ini tidak ada (warga di wilayah Sulsel) yang terinfeksi,” ujarnya.

“Masyarakat bisa mendapatkan informasi terkait Virus Corona dengan menghubungi call center 085299354451,” pungkasnya.

Reporter :

Editor :

Herlin

Daus

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI