Pemkot Makassar Siapkan Layanan Database Terintegrasi

War Room Pemkot Makassar. Foto : Dok KM

Kabar Makassar –— Demi meningkatkan kenyamanan publik menuju kota dunia Pemkot Makassar melakukan pertemuan dengan pihak 3D Experience City Platform. Pertemuan ini bertujuan membangun database.pelayanan publik yang terintegrasi.

Database masyarakat dan lintas unit kerja pemerintah maupun data-data secara historis akan tersimpan.

Technical Support Dasault System Hertasning Tosabbang menjelaskan timnya akan membantu Pemkot Makassar dalam pembuatan software yang akan terintegrasi antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) ang terekam dalam war room dalam bentuk grafik, proyeksi, bahkan foto tiga dimensi.

Baca juga :   2017, Disnaker Kembali Gelar Job Fair

“Contohnya data kependudukan. Anak yang baru lahir di rumah sakit sudah ada NIK nya. Dari data NIK itu kita sudah tahu orang tuanya siapa, lahir dimana, tinggal dimana, akta lahirnya tercatat dimana dan saat 17 tahun saat pembuatan KTP datanya sudah muncul tanpa perlu registrasi lagi. Data-data itu akan terkoneksi dari Dinas Pencatatan Sipil dan Dinas Kesehatan, dari sistem berbasis data itu tadi akan ditampilkan dalam dashboard yang terekam dalam war room” jelasnya

Baca juga :   Piala Adipura ke-3, Diarak keliling Kota Makassar

Disamping itu Jusman Kepala Seksi Aplikasi Diskominfo menjelaskan sistem semacam ini sebenarnya menuju ke base data melalui pihak 3D Experience City membuatkan platform yang mudah diihat dan dibaca, dilihat grafiknya, serta bagaimana proyeksi kedepan, bagaimana tindakan preventif itu digambarkan semuanya dalam satu platform.

Ia juga menjelaskan untuk memulai hal yang seperti ini Pemerintah harus melakukan perencanaan yang matang sebab ini merupakan proyek yang berkelanjutan.

“Untuk mencapai hal ini menuju kota dunia Pemerintah harus konsisten untuk memulai darimana dulu, objek mana dulu, semua data SKPD sudah terkumpul dalam satu platform dan tidak dituliskan lagi dengan kertas melainkan semua harus digital,” ungkapnya. (*/sng)

Baca juga :   Disnaker Terima Penghargaan Pelayanan Publik Award 2017

Penulis Sriwati Ilyas