Pemkab Gowa Beri Keringanan Pajak bagi Pelaku Usaha

KabarMakassar.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa akan memberikan keringanan pajak bagi pelaku usaha khususnya warung-warung, rumah makan dan restoran.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, kebijakan ini diambil dengan pertimbangan tidak mungkin menargetkan setiap bulan pelaku usaha membayar pajak seperti biasanya di tengah mewabahnya virus Corona atau Covid-19 seperti saat ini.

“Kita akan berikan keringanan pajak bagi semua restoran dan tempat-tempat makan yang ada di Gowa. Kondisi ini dikarenakan pendapatan mereka yang menurun sejak adanya wabah Covid-19 ini,” kata Adnan, saat melakukan teleconference bersama pimpinan SKPD lingkup Kabupaten Gowa, Senin (30/3).

Menurut Adnan, kebijakan ini tentunya akan berdampak pada penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Gowa.

“Namun, bagi Pemkab Gowa memberikan keringanan ini sekaligus untuk tetap mendukung keberlanjutan sektor ekonomi masyarakat Gowa akibat dampak pandemi Covid-19 ini,” tegasnya.

Adnan juga secara langsung menginstruksikan kepada Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Gowa untuk segera menindaklanjuti kebijakan tersebut.

“Saya meminta Kepala Bapenda segera membuat surat penyampaian kepada para wajib pajak, menginformasikan terkait pengurangan pajak yang dibebankan kepada pelaku usaha,” ujarnya.

Sekadar diketahui, pemungutan pajak untuk rumah makan, restoran, warung dan penginapan di wilayah Kabupaten Gowa telah dilakukan secara online dan didampingi oleh Tim Koordinasi Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) KPK RI. Penerapan sistem online ini terbukti memberikan kontribusi positif dalam peningkatan PAD Kabupaten Gowa.

Reporter :

Editor :

Redaksi

Firdaus

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI