News

Pemilu 2019, Lima Kotak Suara Disiapkan

Pemilu 2019, Lima Kotak Suara Disiapkan

Kabar Makassar-- Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 akan berbeda dari pemilu 2014 lalu, pasal nya pada pemilu yang diadakan 17 April 2019 mendatang akan diisi dengan 5 kotak suara sekaligus.

Komisi pemilihan umum (KPU) provinsi Sulawesi Selatan saat menggelar Sosialisasi UU no 7 tahun 2017 tentang pemilihan Umum salah satu isi dari UU tersebut yaitu pemilihan presiden dan wakil presiden akan bersamaan dengan pemilihan DPR RI, DPD,, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

Sosialisasi yang dilaksanakan di hotel Aryaduta Makassar dalam rangka mensosialisasikan tentang isi UU no 7 tahun 2017 berkenaan dengan pemilu pada tahun 2019 mendatang.

Anggota KPU Sulawesi Selatan, Faisal Amir, saat memaparkan materinya tentang substansi perubahan UU Pemilu no 7 tahun 2017 mengatakan bahwa terbitnya UU tersebut terjadi perubahan dalam proses pemilu kita.

"secara substansi tidak terlalu besar sedangkan dari segi teknis terdapat beberapa perubahan," kata Faisal.

Salah satu perubahan yang dimaksudkan adalah bertambahnya satu UU mengenai mengenai pemilihan presiden dan wakil presiden yang bersamaan dengan pemilu lainnya.

"Kalau dulu UU pemilu hanya ada DPR RI, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota namun untuk sekarang menjadi satu paket dengan bergabungnya pemilihan presiden dan wakil presiden", tambahnya.

Lanjut, Faisal menyampaikan UU no 7 tahun 2017 merupakan UU tertebal karena menggabungkan 3 UU sekaligus.

"Sesungguhnya kenapa tebal Krn dia merangkul 3 UU yaitu UU no 15 tahun 2011 tentang penyelenggaraan pemilihan umum, UU no. 42 tahun 2008 tentang pemilihan umum presiden dan wakil presiden dan UU no. 8 tahun 2012 tentang pemilihan umum anggota DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota," jelas Faisal.

Penulis: Indrawan

Redaksi

Related Articles

Bank Sulselbar Sediakan Layanan Pembayaran Pajak kendaraan Non Tunai Bank Sulselbar Sediakan Layanan Pembayaran Pajak kendaraan Non Tunai Bank Sulselbar Sediakan Layanan Pembayaran Pajak kendaraan Non Tunai Bank Sulselbar Sediakan Layanan Pembayaran Pajak kendaraan Non Tunai Bank Sulselbar Sediakan Layanan Pembayaran Pajak kendaraan Non Tunai

Bank Sulselbar Sediakan Layanan Pembayaran Pajak kendaraan Non Tunai

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close
%d bloggers like this: