News

Pemain Muda PSM Mulai Tak Dilibatkan Lawan Persiba

Pemain Muda PSM Mulai Tak Dilibatkan Lawan Persiba

Kabar Makassar -- Tim asuhan Robert Rene Albert hanya melibatkan kiper muda PSM Makassar yakni M Syaiful dalam laga pekan ke-14 di Liga 1 Indonesia di stadion Parikesit Balikpapan, Kamis, 13 Juli 2017. Dalam daftar pemain yang berangkat ke Balikpapan, hanya ada dua pemain muda yang diikutkan oleh pelatih dalam laga tandang melawan tim berjuluk "Beruang Madu".

Hanya ada empat nama pemain muda yakni kiper M Syaiful, Reva Adi Utama, Wasyiat dan M Arfan yang bakal ikut melakoni laga tandang. Sementara pemain muda lainnya seperti Nurhidayat, Romario, Asnawi Mangkualam Bahar, Ridwan Tawainella, M Abdullah Syafeei, Andri Faisal Amru tidak diikutkan.

Bahkan menjadi starter lineup sulit didapatkan pemain muda karena beberapa pemain senior terlihat mulai diikutkan yang sebelumnya tidak masuk daftar starter lineup. Sebut saja nama pemain senior yang diikutkan yakni Syamsul Chaeruddin dan striker Titus Bonai.

Penangguhan regulasi pemain muda saat ini dinilai kembali menyulitkan pemain muda untuk mendapatkan tempat. Sebelumnya regulasi yang diterapkan oleh PSSI membawa angin segar bagi pemain U-23 untuk menjadi starter lineup di Liga 1.

Pelatih kepala PSM Makassar, Robert Rene Albert sebelumnya mengatakan jika penangguhan regulasi pemain U-23 ini membuatnya aneh dan sangat lucu. Bahkan pelatih 62 tahun ini mengatakan jika sebelumnya seluruh tim peserta Liga 1 2017 dipaksa menjalankan aturan ini. Namun, secara tiba-tiba ditangguhkan.

"Saya belum menemukan alasan yang logis atas keputusan itu," ujar Robert beberapa waktu lalu.

Tidak hanya itu pelatih asal Belanda tersebut lebih curiga dengan akan penangguhan tersebut dan bahkan ia mengatakan hal ini bisa menguntungkan beberapa klub.

"Hal ini sangat lucu, ini juga terkesan ada beberapa klub yang punya koneksi besar sehingga bisa menguntungkan klub-klub tersebut," tambah Robert.

Terpisah dengan CEO PSM Munafri Arifuddin mengatakan jika sepertinya ada hal yang sulit dilakukan oleh klub lain, namun dengan cara ini memungkinkan untuk menguntungkan beberapa klub, bahkan ia mengatakan hal aneh, karena sebelumnya regulasi keluar sebelum PSM dijamu Persib Bandung kala itu. Bahkan CEO PSM tersebut mempertanyakan karena tidak ada pembicaraan sebelumnya.

"Tiba-tiba ada suratnya terkait dengan aturan U-23," ujarnya.

Untuk diketahui jika PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) menangguhkan regulasi kewajiban menurunkan tiga pemain U-23 agar tidak mengganggu persiapan Timnas Indonesia U-22 jelang SEA Games 2017. Aturan itu berlaku mulai pekan ke-12 Liga 1 hingga berakhirnya SEA Games 2017, atau mulai 3 Juli hingga 30 Agustus 2017. Sepanjang penangguhan, klub boleh menurunkan semua pasukan seniornya selama 90 menit.

Berikut pemain-pemain yang di bawa skuat PSM Makassar melawan Persiba Balikpapan, 13 Juli 2017.

Kiper:
- Syaiful (U-23)
- Rivki Mokodompit

Bek:
- Hamka Hamzah
- Steven Paulle
- Zulkifli Syukur
- Reva Adi Utama
- Ardan Aras
- Hendra Wijaya
- Wasyiat Hasbullah

Tengah:
- M. Arfan
- Wiljan Pluim
- Syamsul Haeruddin
- Rizki Pellu
- M. Rahmat
- Gozali Siregar

Striker:
- Ferdinand Sinaga
- Reinaldo Elias da Costa
- Titus Bonai

Foto: Int.

Fritz Wongkar

Journalist

Pewarta yang telah mengantongi sertifikat Jurnalis Muda dari Dewan Pers. Aktif menulis sejak 2011.

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close