Pelindo IV Salurkan CSR PKBL Rp15,78 Miliar di Tahun 2019

Dirut Pelindo IV, Farid Padang

Kabarmakassar.com — Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) telah menyalurkan total bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) sebesar Rp15,78 miliar selama 2019.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang mengatakan bahwa jumlah itu terbagi untuk Program Kemitraan sebesar Rp10,75 miliar dan Bina Lingkungan per November 2019 sejumlah Rp5,03 miliar.

“Untuk Bina Lingkungan, [Pelindo IV] rata-rata menyalurkan bantuan untuk sarana pendidikan, sarana ibadah serta sarana dan prasarana umum lainnya. Sedangkan untuk Program Kemitraan, kami menyalurkan bantuan kepada UKM secara cluster dengan jenis usaha di bidang perikanan, peternakan, pertanian dan rumput laut,” jelasnya

Dia menyebutkan, untuk Program Kemitraan, pihaknya menyalurkan bantuan kepada para petani, peternak dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ada di beberapa wilayah di Sulsel yakni Takalar, Sidrap dan Palopo, serta di Baubau, Sultra dan di Samarinda, Kaltim.

Sedangkan untuk bantuan Bina Lingkungan, penyalurannya di seluruh wilayah Pelindo IV yaitu Sulsel, Sulteng, Sulut, Sultra, Gorontalo, Kaltim, Kaltara, Maluku, Maluku Tengah, Papua dan Papua Barat.

Farid menambahkan, di 2020 nanti pihaknya juga akan mengadakan penyaluran bantuan untuk UKM yang bergelut dibidang ekspor komoditas dan UKM dibidang pariwisata, untuk meningkatakan kapasitas dan kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Tak hanya menyalurkan bantuan, namun menurut Farid pihaknya juga selalu mengadakan pelatihan untuk para petani, peternak dan UKM lainnya yang telah mendapatkan bantuan Program Kemitraan.

Seperti pelatihan yang digelar PT Pelindo IV bekerjasama dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Makassar kepada Kelompok Peternak Unggas di Hotel Citadines, Makassar, Selasa 17/12/2019.

Dilansir dari salah satu media daring, pelatihan itu diikuti oleh 17 peternak ayam dari Kelompok Peternak Unggas Perkasa. Para peternak tersebut sebelumnya telah mendapatkan pembiayaan dari PT Pelindo IV, yang disalurkan melalui PNM Makassar dengan total mencapai Rp2,5 miliar pada 2017 lalu.

Sebagai mitra binaan, para peternak ini mendapatkan pembiayaan dan pembinaan melalui pelatihan dan pendampingan.

Corporate Secretary PT Pelindo IV, I M. Herdianta menuturkan bahwa pelatihan ini digelar agar pembiayaan yang diterima peternak bisa dimanfaatkan secara optimal untuk membantu pengembangan usahanya, serta bisa dikembalikan tepat waktu.

“Kualitas pembiayaan merupakan hal yang penting agar dana tersebut bisa bergulir untuk UKM yang lainnya,” ucapnya (31/12).

Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini berupa cara pemeliharaan ayam pedaging dan cara meningkatkan penjualan melalui pemasaran online.

Dari pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan wawasan dan keterampilan peserta dalam mendukung kemajuan usaha peternakannya. Manajemen Pelindo IV juga berharap melalui kerja sama dengan PT PNM, dana kemitraan dan bina lingkungan akan memberikan hasil yang maksimal karena adanya keterpaduan antara pembiayaan dan pembinaan, sekaligus sebagai wujud sinergi antara kedua BUMN tersebut.

Pada kerja sama ini, PNM Cabang Makassar berperan membantu menyiapkan calon mitra binaan dalam hal ini para peternak ayam pedaging yang ada di Kota Makassar.

PNM juga menyiapkan pola pembiayaan serta melakukan capacity building melalui pelatihan dan pendampingan.

Menurut Herdianta, PNM menyiapkan calon mitra binaan melalui pendekatan kelompok, dengan harapan proses pembiayaan dan pembinaan akan lebih efisien karena dilakukan secara bersama-sama.

“Karena pendekatannya kelompok maka pola pembiayaannya menerapkan sistem tanggung renteng, dimana para pelaku UKM yang tergabung dalam satu kelompok akan menanggung risiko secara kolektif,” tukasnya.

Reporter :

Editor :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI