Pelatih PSM Makassar Sebut Penangguhan Regulasi U-23 Aneh..!!

Pelatih PSM Makassar Sebut Penangguhan Regulasi U-23 Aneh..!!

Kabar Makassar--- Pelatih Kepala PSM Makassar kembali mengkritisi regulasi pemain under 23 atau pemain U-23. Pasalnya ia baru mendapatkan kabar yang aneh jika secara mendadak induk olahraga sepakbola Indonesia atau Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia atau (PSSI) menangguhkan regulasi pemain U-23.

Dimana PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk sementara menangguhkan implementasi memainkan pemain di bawah 23 tahun dalam kompetisi Liga 1. Hal tersebut membuat pelatih 62 tahun tersebut menyebut jika aturan yang dikeluarkan sangat aneh dan tidak masuk diakal dalam liga profesional di Indonesia.

"Dari pengalaman saya ini selama melatih berbagai klub di Asia dan Eropa selama 23 tahun, aneh rasanya dan tak masuk akal ditengah Liga sedang bergulir ada yang mengganti aturan," kata Robert Rene Albert saat konferensi persnya di Graha Persib, Selasa, 4 Juli 2017 kemarin.

Pelatih asal Belanda yang kini menangani PSM Makassar menuturkan jika dari awal sudah merasa ada yang tidak benar dan merasa sangat janggal diaturan regulasi pemain U-23 tersebut. Ia pun
menyebutkan tempatnya melatih di Malaysia dan Korea jika sama sekali tak menemukan akan adanya pemberlakuan aturan Liga di Indonesia.

Sejak awal ia pun melakukan dan melaksakan aturan tersebut hingga pekan ke-11, dan baginya sangat aneh tiba-tiba timnya kini sudah berada di puncak klasemen sementara Liga 1 mendapatkan
informasi mendadak akan aturan Liga 1 yang baru ditengah pertandingan tentang regulasi pemain U-23.

"Ini aneh dan saya mau bertanya apakah ini menguntungkan bagi sepak bola Indonesia? Karena dalam 2 bulan ke depan kita akan kembali lagi ke aturan tersebut," tegas Coach Robert.

Mantan pelatih Arema ini juga menyampaikan perihalnya yang memalukan saat ia ditelepon oleh media BBC dan CNN yang menanyakan apa yang terjadi dalam perubahan mendadak di Liga 1 Indonesia tempat ia melatih. Bahkan ia menceritakan jika saat itu dia sangat merasa malu untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Untuk diketahui jika penangguhan regulasi pemain U-23 ini terkait dengan pelaksanaan SEA Games 2017 di Malaysia yang berdampak pada klub-klub Liga 1 Indonesia. Bahkan penangguhan tersebut terhitung mulai 3 Juli 2017 hingga 30 Agustus 2017 atau sampai selesainya pelaksanaan SEA Games 2017 Malaysia.

"Implementasi regulasi terkait kewajiban memainkan pemain berusia di bawah 23 ditangguhkan. Klub diizinkan memainkan semua pemain yang telah terdaftar dan mendapat pengesahan," tulis PT LIB melalui surat nomor 155/LIB/VI/2017 tertanggal 29 Juni 2017 yang ditujukan kepada manajemen klub peserta Go-Jek Traveloka Liga 1 2017.

Setelah mengetahui perihal tersebut, pelatih berkebangsaan Belanda tersebut terus menyampaikan unek-uneknya kesejumlah awak media saat ia bertemu dan diwawancarai wartawan.

Sementara itu lebih lanjut jika penangguhan implementasi memainkan pemain di bawah 23 tahun karena mempertimbangkan dua hal. Pertama, tidak ada lagi proses seleksi pemain timnas U-22
Indonesia yang disiapkan tampil di SEA Games XXIX-2017 dan Kualifikasi AFC U-23 Championship 2018 karena sudah didaftarkan ke AFC. Dan Kedua, menjunjung aspek fairness mengingat jumlah pemain yang diambil dari tiap klub untuk memperkuat timnas U-22 Indonesia tidak merata.

Meski demikian pelatih Kepala PSM Makassar, Robert Rene Albert tetap fokus untuk menyelesaikan semua laga yang akan dilakoni anak asuhnya termasuk melawan Persib Bandung yang digelar hari ini, Rabu, 5 Juli 2017 malam nanti.

Foto: sumberbola.com

Fritz Wongkar

Journalist

Pewarta yang telah mengantongi sertifikat Jurnalis Muda dari Dewan Pers. Aktif menulis sejak 2011.

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close